Mentan Ajak Gubernur dan Bupati Dorong Penggunaan Pangan Lokal

Minggu, 08 Desember 2019 - 12:10 WIB
Mentan Ajak Gubernur dan Bupati Dorong Penggunaan Pangan Lokal
Mentan Syahrul Yasin Limpo menghadiri Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (7/12/2019). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak kepada daerah di seluruh Indonesia untuk mendorong penggunaan pangan lokal. Hal ini penting sebagai bagian dari memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Ketahanan pangan lokal adalah bagian dari kekhasan dan budaya yang ada di sebuah wilayah. Ini menjadi kekuatan kita. Kita bersama Gubernur DIY mencanangkan agar semua mendorong untuk ketahanan pangan nasional," kata Mentan saat Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (7/12/2019).

Untuk mewujudkan gerakan ini maka harus dilakukan oleh pusat dan daerah. Dari mulai menteri, gubernur, hingga bupati harus ikut menggerakan pangan lokal ini. "Pejabat daerah lebih mengerti kekuatan pangan lokal di daerah masing-masing. Semua harus menyatu bersama mendorong ketahanan bersama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di daerah," katanya.

Kementan, kata Yasin Limpo, akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) akan mendorong perbankan untuk memberikan asistensi lebih kepada para pengusaha kecil yang bergerak di bidang pangan lokal. "Kita usahakan akses kemudahan perbankan untuk UMKM berbasis pangan lokal," katanya.

Menurut Mentan, pencanangan gerakan pangan lokal selaras dengan otonomi daerah yang menghidupkan kekuatan kearifan daerah, termasuk pangan lokal. Karena itu, peran kepala daerah sangat penting untuk mewujudkan pengembangan pangan lokal. "Kalau ini dilakukan, saya yakin Indonesia menjadi negara besar yang mampu menjaga ketahanan pangan," ujar Limpo.

Dalam kesempatan itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga melihat lihat stan pameran UMKM yang berada di sepanjang Jalan Malioboro, tepatnya di sekitar trotoar Gedung Agung serta trotoar depan Benteng Vredeburg Yogyakarta.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3999 seconds (0.1#10.140)