43 Rumah dan Dua Kandang Ayam di Kendal Rusak Diterjang Puting Beliung

Minggu, 08 Desember 2019 - 11:33 WIB
43 Rumah dan Dua Kandang Ayam di Kendal Rusak Diterjang Puting Beliung
Warga Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal sedang memperbaiki dan membersihkan puing-puing rumah dan kandang ayam yang rusak setelah diterjang puting beliung. FOTO/iNews/EDDY PRAYITNO
A A A
KENDAL - Sedikitnya 43 rumah di dua desa di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal rusak tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung yang terjadi, Sabtu (7/12/2019) petang. Dua kandang juga ambruk dan menyebabkan ratusan ekor ayam mati. Sejak Minggu (8/12/2019) pagi warga terdampak sibuk memperbaiki rumah dan membersihkan puing akibat terjangan angin kencang.

Seperti yang dilakukan Rusmin, warga Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja yang membersihklan puing-puing kandang ayam yang rata dengan tanah. Dari ribuan ekor ayam yang masih berusia 14 hari, tak banyak yang bisa diselamatkan.

Menurut Rusmin, saat hujan lebat mengguyur desanya, tiba-tiba gumpalan angin berputar-putar menerjang kandang hingga porak poranda dan ambruk. "Sebanyak 40% ekor ayam tidak bisa diselamatkan akibat tertimpa puing bangunan kandang ayam," katanya, Minggu (8/12/2019).

Puting beliung juga menyasar rumah-rumah warga. Umumnya, genteng rumah beterbangan dan sebagian lain rusak tertimpa pohon tumbang. Khumaedi, warga Meteseh yang rumahnya rusak menuturkan, hanya dalam waktu lima menit angin berputar-putar menerjang pemukiman, menerbangkan atap rumah warga dan menumbangkan puluhan pohon.

"Pohon yang tumbang banyak menimpa rumah warga, termasuk membuat garasi milik warga," katanya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, dua desa yang diterjang angin putting beliung yakni Meteseh dan Trisobo. Di Desa Meteseh, ada dua dusun terdampak angin kencang yakni Dusun Segrumung dan Sasak. Jumlah rumah yang rusak di Desa Metesah sebanyak 23 rumah. Sementara di Desa Trisobo puting beliung menerjang dua dusun yani Dusun Rejosari dan Krajan, akibatnya 15 rumah rusak.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2832 seconds (0.1#10.140)