Kopi Hijau Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Sabtu, 07 Desember 2019 - 11:45 WIB
Kopi Hijau Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan
Pernahkah mendengar kopi hijau? Ternyata kopi yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai penurunan berat badan, mengendalikan tekanan darah tinggi dan menjaga kadar gula darah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kopi ternyata tidak hanya dapat memberikan energi yang sangat dibutuhkan. Kopi jenis tertentu ternyata juga bisa menurunkan berat badan.

Pertanyaannya, pernahkah Anda mendengar kopi hijau? Variasi baru ini telah menciptakan banyak buzz. Jika Anda tidak mengetahui manfaat kesehatan luar biasa yang ditawarkan kopi hijau, termasuk penurunan berat badan, maka Anda masih belum tahu banyak soal kopi.

Apa itu kopi hijau? Biji kopi hijau adalah biji dari buah kopi, yang tidak dipanggang seperti kopi biasa. Biji kopi hijau memiliki jumlah asam klorogenat yang lebih tinggi yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Jumlah senyawa ini berkurang saat Anda memanggang kacang dan menjadikannya seperti yang biasa dikonsumsi.

Asam klorogenik dalam kopi bertindak sebagai antioksidan, yang membantu penurunan berat badan, membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dan menjaga kadar gula darah. Sama seperti teh hijau, kopi hijau juga menjadi populer untuk menurunkan berat badan. Kopi hijau tidak termasuk susu atau gula.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Inovatif India, asam klorogenat dalam kopi hijau adalah kandungan ajaib yang membantu penurunan berat badan. Ini membantu dengan melelehkan lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh dan dengan demikian mendukung penurunan berat badan.

Seperti dilansir Times of India, ada tiga cara teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan:

1. Meningkatkan metabolisme
Kita semua tahu, semakin tinggi metabolisme, semakin banyak berat badan akan berkurang. Asam klorogenik membantu meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR), yang mengurangi pelepasan glukosa dari hati ke aliran darah. Kemudian di tempat glukosa, tubuh Anda mulai membakar kelebihan lemak, yang akhirnya menghasilkan penurunan berat badan.

2. Mengurangi selera makan
Jika makan berlebihan adalah penyebab di balik kelebihan berat badan, Anda harus mencoba kopi hijau. Menghirup kopi hijau, bertindak sebagai penekan nafsu makan alami. Ini membantu mengendalikan keinginan Anda dan dengan demikian mencegah Anda makan berlebihan. Konsumsi kopi hijau secara teratur juga menghambat konsumsi lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

3. Mengurangi penyerapan gula
Minum kopi hijau mengurangi penyerapan gula di usus kecil Anda. Ini, pada gilirannya, menyebabkan lebih sedikit gula yang tersedia untuk disimpan sebagai lemak.

Catatan: Meskipun Anda dapat mengonsumsi kopi hijau kapan saja sepanjang hari, sebaiknya dikonsumsi segera setelah makan. Ini karena kadar gula darah Anda meningkat setelah memiliki protein dan karbohidrat. Mengkonsumsi kopi hijau dapat membantu dengan mencegah lonjakan mendadak dan menjaga kadar gula darah. Anda bisa menambahkan madu atau kayu manis untuk menambah rasanya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8704 seconds (0.1#10.140)