alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resah, Warga Desa Kepek Gunungkidul Ronda Berburu Ular Kobra

Suharjono
Resah, Warga Desa Kepek Gunungkidul Ronda Berburu Ular Kobra
Warga Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul ronda malam untuk menangkap ular yang meresahkan lingkungan. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO

GUNUNGKIDUL - Warga Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul masih diresahkan dengan kemunculan belasan ekor ular berbisa. Setiap malam warga melakukan ronda untuk menangkap ular yang didominasi jenis kobra tersebut.

Dukuh Kepek I, Sukirno mengatakan, berjaga dari serangan ular dilakukan lantaran setiap malam selalu ada ular yang berhasil ditangkap. "Ada beberapa jenis ular seperti kobra, ada ular hijau, sama ular weling," katanya kepada SINDOnews, Jumat (6/12/2019).

Dijelaskan, penangkapan ular dilakukan warga bersama komunitas reptil Gunungkidul. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ular, terutama ular yang berbisa. "Kami tidak berani menangkap sendiri sehingga dibantu komunitas reptil," katanya.



Warga setempat, Ervan Bambang menambahkan, hingga Kamis (5/12/2019), sebanyak 20 ekor ular berhasil ditangkap. Namun, warga masih terus mencari induk ular yang diduga berkembang biak di sekitar pemukiman. "Tadi malam berhasil ditangkap dua ekor. Namun baru satu yang agak besar jenis kobra. Makanya kami selalu ronda untuk berburu ular," katanya.

Diakui, munculnya ular ini hampir terjadi setiap tahun di bulan Desember. Informasi yang diperoleh dari komunitas reptil, Desember merupakan bulan ular kawin sehingga banyak yang keluar. "Mudah-mudahan tidak ada warga yang diserang ular, karena memang kebanyakan berbisa mematikan," katanya.



(amm)

loading...