alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sleman Buka Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan

Priyo Setyawan
Sleman Buka Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan
Wakil Bupati Sleman saat membuka Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan, Sleman, Jumat (6/12/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meresmikan Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan, Jumat (6/12/2019). Tempat ini merupakan bagian dari revitalisasi untuk menarik minat warga berkunjung ke pasar tradisional. Diharapkan Pusat Kulakan Handphone ini juga dapat menjadi ikon dan tempat wisatawan baru.

"Pusat Kulakan Handpone di Pasar Prambanan ini diharap bisa menjadi ikon baru dan mampu menarik minat masyarakat yang berada di wilayah timur Sleman dan wisawatan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih, Jumat (6/12/2019).

Mae, panggilan Mae Rusmi Suryaningsih, menjelaskan, Pusat Kulakan Handphone yang ada di sisi utara Pasar Prambanan ini nantinya dibangun tiga lantai yang mampu menampung hingga 170 pedagang. Untuk tahap awal baru di lantai dasar dengan 17 tenant. Setelah ini akan membuka lagi di lantai 2 dan 3.



"Untuk lantai 2 dan 3 nantinya tidak hanya handphone tapi juga barang eleltronik dan komputer," katanya.

Menurut Mae, dengan adanya Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan diharapkan menjadi ikon baru, termasuk tempat wisata untuk wilayah timur Sleman. Untuk itu, di lantai 3 Pasar Prambanan akan ada foodcourt dengan view ke arah utara. Sehingga pengunjung dapat melihat kemegahan Candi Prambanan dan Gunung Merapi.

"Dari 41 pasar tradisonal di Sleman, untuk pusat kulakan handphone, elektronik dan komputer baru ada di Pasar Prambanan. Untuk pasar lainnya masih dalam kajian," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Ia mengatakan, Pusat Kulakan Handphone di Pasar Prambanan ini sebagai daya tarik pasar tradisional. Apalagi lokasi Pasar Prambanan yang strategis dekat dengan objek wisata Candi Prambanan dan berada di jalur Koridor Ekonomi Jawa bagian selatan.

"Dengan keberadaan Pusat Kulakan Handphone ini saya harapkan warga Sleman Timur, Klaten, Piyungan tidak perlu jauh-jauh ke Kota Yogyakarta. Sehingga secara tidak langsung juga akan mengurangi
kemacetan, terutama dari arah timur dan barat menuju kota," katanya.

Muslimatun mengingatkan agar Pusat Kulakan Handphone Pasar Prambanan ini ramai pengunjung, maka pengelola dan pedagang harus bersinergi dan melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang bisa menarik minat pengunjung.

"Pesan saya, agar pasarnya ini dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga akan menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan belanja di sini. Saya ingin menggemakan kembali Slogan Pasare Resik Rejekine Apik," kata Muslimatun.



(amm)