Permudah Akses Informasi Desa, Girikerto Luncurkan Website

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:30 WIB
Permudah Akses Informasi Desa, Girikerto Luncurkan Website
Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun secara simbolis melauncurkan website desa Girikerto, Turi,Sleman di balau desa Turi, Kamis (5/12/2019). FOTO : DOK Humas Pemkab Sleman
A A A
SLEMAN - Desa Girikerto, Turi, Sleman meluncurkan website girikerto.slemankab.go.id di balai desa Girikerto, Kamis (5/12/2019). Website ini untuk mempermudah akses informasi tentang desa girikerto sekaligus implementasi dari penatakelembagaan pejabat pengelolaan informasi daerah (PPID).

Website desa Girikerto ini hasil pendampingan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. Seangkan untuk konten website bukan hanya memuat tentang potensi desa Girikerto namun juga kebencanaan. Ini tidak terlepas dari wilayah Turi yang memiliki potensi bencana erupsi gunung Merapi.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, Pemkab Sleman terus mendorong setiap instansi untuk memberikan akses keterbukaan informasi
publik baik secara langsung maupun melalui laman resmi. Sejak dua tahun telah mendorong desa untuk melakukan penatakelolaankelembagaan PPID Desa.

“Hingga sekarang dari 86 desa se Sleman telah terbentuk 11 PPID. Sedangkan organisasi pemerintah daerah (OPD), kecamatan dan badan usaha milik daerah (BUMD) di Sleman semuanya telah membentuk penatakelembagaan PPID,” kata Muslimatun saat meresmikan website Desa Girikerto di Balai Desa Girikerto, Kamis (5/12/2019).

Muslimatun berharap seluruh masyarakat Girikerto dapat memanfaatkan website tersebut sebagai rujukan resmi terhadap setiap informasi yang beredar sehingga masyarakat terhindardari berita-berita hoak yang justru menyesatkan.

Ketua Program Pengembangan Desa Mitra Unisa Yogyakarta, Dewi Amatun Suryani menambahkan pendampingan di Desa Girikerto untuk memberikan
pelayanan akses informasi yang mudah dan cepat. Terutama potensi desa, di antaranya produksi susu kambing etawa dan salak.

“Melalui pelayanan informasi yang mudah tersebut secara tidak langsung akan menjadi sarana promosi yang mudah bagi Desa Girikerto,”tambahnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7745 seconds (0.1#10.140)