Tahu Seluk Beluk Perencanaan Anggaran, Pria Ini Pilih Mundur dari PNS

Kamis, 05 Desember 2019 - 06:54 WIB
Tahu Seluk Beluk Perencanaan Anggaran, Pria Ini Pilih Mundur dari PNS
Foto yang diunggah akun Instagram @kaligrafi_danishabby terkait keterangan seorang yang mundur dari PNS. FOTO/INSTAGRAM/@kaligrafi_danishabby
A A A
SEMARANG - Di saat jutaan orang berlomba-lomba menjadi abdi negara pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, Mubarok justru melakukan kebalikannya. Aparatur sipil negara (ASN) tersebut malah memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang telah dijalani selama 14,5 tahun.

Keputusan Mubarok meninggalkan pekerjaan sebagai abdi negara tersebut diketahui dari postingan akun Instagram @kaligrafi_danishabby pada Minggu (1/12/2019). Unggahan ini lalu viral dan menjadi perbincangan netizen. Hingga, Kamis (5/12/2019) pagi ini, postingan tersebut telah mendapatkan 980 komentar dan 6.631 likes.

"Per 1 Juli 2019 kemarin saya resmi resign dr ASN," tulis Mubarok dalam keterangan foto yang diunggahnya di Instagram.

Dalam foto itu, Mubarok terlihat memberikan sambutan dan menerima pelukan perpisahan dari rekan-rekan ASN-nya. Tidak disebutkan secara pasti Mubarok ASN di mana, tapi berdasarkan kabar yang beredar, dia adalah PNS di lingkungan Pemprov Jawa Tengah.

Dalam keterangan fotonya, Mubarok mengaku telah mengabdi selama 14,5 tahun. Dia memulai karier sebagai tenaga honorer keamanan kantor pada 2005. Lima tahun kemudian, Mubarok diangkat menjadi CPNS dan pada 2011 resmi menjadi PNS.

"Akhir 2015 sd Juni 2019 kemarin saya ditugaskan sbg staf di Bagian Keuangan. Mendapat tugas menyusun perencanaan anggaran dari staf biasa hingga menjadi ketua tim admin perencanaan anggaran," tulisnya.

Melalui tugas itu, Mubarok menjadi tahu seluk beluk perencanaan anggaran. Namun hal itu malah membuanya semakin takut lantaran antara hati dan pikiran tidak sejalan. Ada perasaan takut akan dimintai pertanggungjawaban.

"Dng sistem yg ada rasanya berat sekali tugas ini bisa dijalankan dng benar dan penuh amanah sesuai sumpah yg pernah diucap," tulisnya.

Dalam kegundahan itu, Mubarok akhirnya memilih untuk mundur total sebagai ASN. Bukan karena sok suci, tapi menurutnya, ketika nanti waktunya tiba, dia sendiri yang harus mempertanggungjawabkan apa yang dia perbuat, lihat, dengar, dan rasakan.

"Mohon doanya kepada semuanya semoga saya bisa menjadi manusia yg lebih baik dari keputusan yg saya ambil," katanya menutup tulisannya.

Unggahan ini mendapat beragam komentar, tapi sebagai besar mendukung keputusan Mubarok mundur dari ASN. Seperti disampaikan akun @setiawanozhan yang menulis, "Maasya Allah .. Barakallahu fiik mas @kaligrafi_danishabby Semoga Allah ganti dengan pekerjaan yg lebih berkah, semoga Allah mudahkan segala urusan mas nya," katanya.

Hal yang sama juga dituturkan @sugeng_gengsu. "Standing applause, saya jd lebih bersyukur dg apa yg saya capai dihari ini, mks pak atas sharingnya ini," katanya.

View this post on Instagram

Resign dari ASN . Waktu terasa begitu cepat, Tak terasa 5 bulan sudah berlalu.. . Per 1 Juli 2019 kemarin saya resmi resign dr ASN, 14,5 Tahun mengabdi, Memulai karier dari Tenaga Honorer sebagai Keamanan Kantor di tahun 2005, Diangkat CPNS di Tahun 2010, Dan menjadi PNS di Tahun 2011. . . Akhir 2015 sd Juni 2019 kemarin saya ditugaskan sbg staf di Bagian Keuangan, Mendapat tugas menyusun perencanaan anggaran dari staf biasa hingga menjadi ketua tim admin perencanaan anggaran. . Semakin banyak tahu tentang seluk beluk perencanaan anggaran harusnya buat diri ini semakin kaya akan pengalaman, Tp yg saya rasakan malah buat diri ini semakin takut, Antara hati dan pikiran gak sejalan, Takut akan pertanggungjawabannya. . . Pekerjaan sbg ASN adalah amanah yg sangat besar, Digaji oleh rakyat, Ada sumpah yg diucapkan ketika awal menjabat. . . Dng sistem yg ada rasanya berat sekali tugas ini bisa dijalankan dng benar dan penuh amanah sesuai sumpah yg pernah diucap. . . Keputusan ini bukanlah keputusan yg mudah, Hidup ini pilihan, Setiap pilihan ada konsekuensinya Saya memilih mundur, Bukan untuk menjadi sok suci, Karena ketika nanti waktunya tiba, Saya sendiri yg harus mempertanggungjawabkan apa yg saya perbuat, apa yg saya lihat, apa yg saya dengar, dan apa yg saya rasakan.. . . Mohon doanya kepada semuanya semoga saya bisa menjadi manusia yg lebih baik dari keputusan yg saya ambil ???? . . . #bismillah #istighfar #lailatulqadar #lailatulqadr #jalaninikmatisyukuri #ayohijrah #hijrah #prayforindonesia #sholat #videoislam #sholawat #istiqomah #dakwahislamid #berbagisemangat #beranihijrah #hadist #puasa #nasehatislam #sunnah #faktanyamuslim #xbank_banksyariah #islamicquotes #mantanpns #xbank #xbank_pns #beraniberhijrah????

A post shared by Mubarok "Danishabby Homedecor" (@kaligrafi_danishabby) on

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5431 seconds (0.1#10.140)