alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sepanjang 2020, Kabupaten Sleman Bakal Gelar 150 Even Besar

Priyo Setyawan
Sepanjang 2020, Kabupaten Sleman Bakal Gelar 150 Even Besar
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih memberi sambutan saat peluncuran Calender of Event 2020 di Sleman, Rabu (4/12/2019). FOTO/DOK.PEMKAB SLEMAN

SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sleman di atas 10 juta pada 2020. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan target kunjungan wisatawan tahun 2019, yakni 10 juta.

Untuk merealisasikan target tersebut, Pemkab Sleman meluncurkan Kalender Wisata 2020. Calender of Event ini berisi informasi tentang agenda wisata di Sleman pada tahun depan, meliputi seni, budaya dan sport tourisme.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Sudarningsih mengatakan, keberadaan kelender wisata sangat penting karena memberikan informasi agenda seni, budaya, sport tourism, dan agenda wisata lain selama 2020. Sehingga bisa menjadi informasi awal bagi calon wisatawan.



"Minimalnya target kita lebih dari 10 juta kunjungan wisata di tahun 2020. Tidak cuma itu, yang terpenting adalah kualitasnya kita tingkatkan, lenght of stay dan spending money juga," kata Ning,
panggilan Sudarningsih saat peluncuran Calender of Event 2020 di Sleman, Rabu (4/12/2019).

Ning menjelaskan, even yang diluncurkan tidak hanya milik Pemkab Sleman tapi juga milik kelompok komunitas masyarakat dan organisasi keolahragaan dengan jumlah sebanyak 150 even. "Hingga November 2019 dari target 10 juta wisatawan sudah tercapai 9 juta wisatawan. Sehingga kami optimistis target 10 juta wisatawan tercapai," ujarnya.

Asisten Sekda Kabupaten Sleman Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Purwatno Widodo mengatakan, calendar of event diharapkan menjadi promosi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sleman. Untuk itu, seluruh penyelengara harus berkomitmen serta bertanggung jawab. Apalagi penyelenggaraan even juga akan membawa kredibilitas pemerintah dan penyelenggara itu sendiri di mata wisatawan.

"Oleh karena itu, penyelenggaraan even harus dipersiapkan secara profesional," katanya.

Beberapa even wisata Kabupaten Sleman yang akan digelar pada 2020 di antaranya Volcano Run pada 8 Maret, Tawur Agung Kesanga pada 24 pada Maret, Tour De Sleman pada 12 April, Pemilihan Dimas Diajeng Sleman pada 17 April, Hari Jadi Sleman Ke-104 pada 15 Mei, Le Velo De Garuda pada 20 Juni. Kemudian Prambanan International Yoga Day pada 21 Juni, Jogja International Scout Camp 5 pada Juli, Sleman Temple Run pada 12 Juli, Tour De Merapi pada 19 Juli, IAWP Conference 6-10 September, Jogja Tourism Festival pada 27 September. Lalu Sleman Exotism Festival pada 1-4 Oktober, Pelangi Budaya Bumi Merapi pada 11 Oktober, Tour De Prambanan pada 25 Oktober, dan Jogja International Heritage Walk pada 14-15 November.



(amm)

loading...