alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

FX Hadi Rudyatmo Cari Solusi untuk Penjual Kuliner Daging Anjing

Ary Wahyu Wibowo
FX Hadi Rudyatmo Cari Solusi untuk Penjual Kuliner Daging Anjing
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (FOTO/Istimewa)

SOLO - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) berjanji akan menindaklanjuti harapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait larangan penjualan dan konsumsi daging anjing. Pemkot setempat akan mengupayakan agar para penjual daging anjing dapat beralih profesi ke usaha lainnya.

“Kami akan koordinasikan dengan Bagian Hukum, Dinas Peternakan dan Pertanian untuk melakukan kajian kajian yang mendasar. Tapi yang penting bagi saya, ada Perda (Peraturan Daerah) atau tidak, teman-teman (penjual kuliner daging anjing) dicarikan solusi,” kata Rudy, Rabu (4/12/2019). Solusi agar mereka dapat alih profesi merupakan hal yang terpenting.

Rudy juga menyoroti banyaknya pasokan hewan anjing ke Solo untuk dijadikan kuliner. “Solo itu kalau nggak ada yang nyetori juga nggak ada yang jualan,” tandasnya.



Ketika sejumlah daerah di sekitar Solo mulai melarang penjualan kuliner daging anjing, para pedagang kemudian pindah ke Solo karena posisinya di tengah. Wali Kota menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti saran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait pelarangan kuliner daging anjing.

Namun diakui, salah satu kendalanya adalah regulasi yang bisa dijadikan dasar pijakan. Pemkot Solo tidak bisa serta merta menutup warung kuliner daging anjing. Sebab kuliner ini sejak lama telah eksis, dan bahkan telah ada sebelum dirinya lahir. Untuk itu sekali lagi, solusi solusi bagi para penjualnya merupakan opsi yang lebih realistis.

“Mereka keluarganya juga butuh makan, menyekolahkan anak. Jangan sampai nanti dengan adanya pelarangan justru akan menambah beban pemerintah,” ucap Rudy.

Pemkot Solo akan melakukan pendekatan kepada para penjualnya. Solusi tak sekedar memberikan ganti rugi. Namun dapat terus dipakai dan tidak kembali berjualan daging anjing. Ganti rugi dinilai hanya solusi sekejap dan tidak menyelesaikan persoalan secara menyeluruh. Pihaknya juga siap menampung masukan dari para pecinta hewan mengenai solusi yang bisa diambil.

Pemkot Solo akan melakukan pendataan guna mengetahui secara riil dan data terkini jumlah penjual kuliner daging anjing. Mereka rencananya juga akan dikumpulkan untuk audiensi. Para penjual daging anjing akan diajak berpikir bersama guna mencari solusinya. Regulasi berupa Perda larangan penjualan kuliner daging anjing dimungkinkan dikeluarkan paling akhir apabila solusi-solusi yang diberikan telah berjalan.



(nun)

loading...