Sleman Berangkatkan 10 KK Transmigran ke Kalimantan Utara

Rabu, 04 Desember 2019 - 14:20 WIB
Sleman Berangkatkan 10 KK Transmigran ke Kalimantan Utara
Kepala Disnaker Sleman Sutiasih (tengah) memberikan keterangan soal pemberangkatan 10 KK transmigran ke Kalimantan Utara, Rabu (4/12/2019). Foto/Dok Humas Pemkab Sleman
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman memberangkatkan 10 kepala keluarga (KK) transmigran dengan tujuan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Di daerah tujuan, mereka akan mendapatkan tanah seluas 2 hektare dan jaminan hidup sebesar Rp75 juta.

Pemberangkatan 10 KK yang berjumlah 37 jiwa dilepaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman Sutiasih di halaman gedung Transito Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Jalan Hos Cokroaminoto, Rabu (4/12/2019).

Sutiasih mengatakan menjelaskan, tahun ini Pemkab Sleman memberangkatkan 13 KK transmigran. Sebelumnya, pihaknya juga telah memberangkatkan 3 KK dengan enam jiwa transmigran ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada 30 November 2019 .

"Jadi totalnya ada 13 KK dengan 43 jiwa yang kami berangkatkan tahun ini," kata Sutiasih saat melepas 10 KK transmigran Sleman ke Bulungan, Kaltara, Rabu (4/12/2019).

Para peserta transmigrasi ke Bulungan, Kaltara itu, nantinya mendapat jaminan hidup (jadup) selama 18 bulan pertama. Masing-masing KK akan mendapat dana sharing antara Pemkab Sleman dan Pemkab Bulungan sebesar Rp75 juta.

"Selain itu para transmigran juga akan diberi lahan seluas 2 hektare secara bertahap selama lima tahun," katanya.

Calon transmigran Sleman, Tatag Winasis mengaku mengikuti program transmigrasi ke Bulungan, Kaltara untuk memperbaiki derajat hidupnya. Dia berharap di tempat yang baru nantinya dapat mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimiliki.

"Saya di sini (Sleman) sehari-hari mengajar les anak-anak SD. Nanti di sana ketrampilan saya juga bisa dikembangkan juga. Kan ada SD juga di sana," kata Tatag yang bertransmigrasi bersama istri dan satu anaknya itu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8190 seconds (0.1#10.140)