Resep dan Cara Membuat Tumis Cumi Pedas yang Menggoda Selera

Rabu, 04 Desember 2019 - 11:35 WIB
Resep dan Cara Membuat Tumis Cumi Pedas yang Menggoda Selera
Cumi selalu sukses menggugah selera makan hampir setiap orang, apapun olahannya. Salah satunya tumis cumi pedas. FOTO/Tastemade Indonesia
A A A
JAKARTA - Sepiring nasi hangat dan cumi sebagai lauknya. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler, apalagi jika benar ada di depan mata.

Cumi memang selalu sukses menggugah selera makan hampir setiap orang, apapun olahannya. Salah satunya tumis cumi pedas ini. Dari aromanya saja, orang pasti tergoda untuk menyantapnya. Apalagi, pada gigitan pertama, rasa pedas gurih cumi ini bisa membuat siapa saja ketagihan.

Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut resep tumis cumi pedas dari Tastemade Indonesia!(Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sushi Roll Cheese ala Rumahan)

Bahan:
500 gr cumi segar
Gula pasir
Garam
Minyak goreng

Bumbu:
10 buah cabai rawit merah
2 papan petai, iris
7 siung bawang merah, iris
5 siung bawang putih, iris
1 btg serai
1 ruas jahe
1 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 buah cabai merah besar
1 buah cabai hijau besar
2 buah tomat hijau

Cara membuat:
1. Bersihkan cumi. Potong-potong bentuk cincin dengan lebar kira-kira 1 ruas jari. Beri perasan air jeruk nipis, sisihkan.

2. Panaskan minyak. Goreng irisan petai bersama cabai rawit merah utuh hingga berubah warna. Angkat, tiriskan.

3. Dengan minyak yang baru, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan serai, jahe, daun salam, daun jeruk, cabai merah besar, cabai hijau besar, dan tomat hijau. Tumis kembali hingga harum.

4. Masukkan cumi, aduk rata. Masak sebentar di atas api besar hingga kandungan air dalam cumi menguap. Beri garam dan gula pasir, aduk rata. Cicipi.

5. Masukkan cabai rawit merah dan petai yang sudah digoreng sebelumnya, aduk rata. Jangan masak terlalu lama agar cumi tidak alot. Matikan api.

6. Sajikan dengan nasi hangat.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4153 seconds (0.1#10.140)