Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan Diresmikan di China

Rabu, 04 Desember 2019 - 07:00 WIB
Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan Diresmikan di China
Rektor UNS Surakarta Jamal Wiwoho meresmikan Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Xihua University China. Foto/Dok UNS
A A A
SOLO - Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan resmi berdiri di Xihua University China. Peresmian ditandai dengan penandatanganan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jamal Wiwoho dan Sekretaris Partai, Bian Huimin bertempat di Ruang Rapat 510 Gedung Administrasi Xihua University China, Senin, 2 Desember 2019.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, dengan diresmikannya pusat penelitian budaya Jawa-Sichuan tersebut maka antara UNS dengan Xihua University terus meningkatkan kerja samanya. Kerja sama yang dibangun tidak hanya pada pertukaran para dosen namun juga dengan penelitian bersama, pengiriman mahasiswa dan kerja sama publikasi internasional.

"Selama ini kerja sama tersebut sudah berjalan namun ke depan universitas di China yang memiliki 26 fakultas dan kurang lebih 60.000 mahasiswa ini diharapkan bisa menjadikan pusat penelitian budaya Jawa ini menjadi center of exelence," kata Prof. Jamal.

Dalam kesempatan tersebut, Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Sajidan, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Warto, Kepala UPT Layanan Internasional, Irwan Trinugroho Direktur Confusius Institut (CI) UNS, Stephanie Phanata dan Kepala Prodi D3 Bahasa Mandarin, Kristina Indah Setyo Rahayu.

Pada kesempatan itu, Jamal juga melakukan pertemuan dengan 10 mahasiswa UNS yang sedang menyelesaikan studinya di Xihua University. ”Para mahasiswa lulusan D-3 Bahasa Mandarin UNS yang sedang menyelesaikan studi S-1 Bahasa Mandarin di sana merasa sangat senang dengan suasana belajar dan lingkungan di universitas yang terletak di Chengdu, China bagian barat,” ucapnya.

Setelah acara tersebut, diadakan pertemuan secara khusus dengan para pimpinan Fakultas Literatur dan Jurnalistik, Fakultas Pendidikan Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Pertanian untuk membahas secara mendetail kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari UNS disambut oleh Wakil Rektor Bidang Kerja sama Internasional Xihua University China, Fei Ling, Dekan Fakultas Literatur dan Jurnalistik, Xie Yingguang, Direktur Tiongkok Pusat Bahasa Mandarin di UNS, Assoc. Lu Yu, Dekan Fakultas Pendidikan Internasional dan Assoc Zhao Qi dan Kepala Pusat Kerjasama Internasional, Luo Bo.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9276 seconds (0.1#10.140)