alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kandidat Sekolah IB, SD Al Firdaus Solo Terapkan Primary Years Program

Ary Wahyu Wibowo
Kandidat Sekolah IB, SD Al Firdaus Solo Terapkan Primary Years Program
Siswa SD Al Firdaus Solo saat melakukan presentasi di acara PYP Exhibition, Senin (2/12/2019). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - SD Al Firdaus Solo menerapkan Primary Years Program (PYP). Para siswa didorong memiliki critical thinking skills (berpikir kritis), social skill (ketrampilan sosial), communication skill (kemampuan komunikasi yang efektif), riset skill, dan self management skill (manajemen diri).

Ariyanti, PYP Koordinator SD Al Firdaus Solo mengatakan, sebagai kandidat sekolah International Baccalaureate (IB) maka harus mengikuti semua kerangka kerja yang ditetapkan oleh IB. Di antaranya adalah PYP Exhibition sebagai puncak pembelajaran siswa di tingkat PYP. "Ending dari pembelajaran anak-anak di kurikulum IB, ending-nya adalah action," kata Ariyanti di sela sela PYP exhibition siswa SD Al Firdaus Solo, Senin (2/12/2019).

Action di sini adalah bagaimana anak anak bisa menerapkan apa yang dipelajari lalu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga dapat berkontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya PYP telah diterapkan dari grade 1 hingga 6. Sedangkan PYP exhibition seperti titik puncak pembelajaran dilakukan di grade 6. "Mereka mulai dari bulan Agustus 2019. Mulai dari pembagian kelompok, dan identifikasi isu-isu," katanya.



Satu kelompok yang berjumlah delapan anak dibimbing oleh 1-3 mentor. Mentor mengarahkan anak-anak mengenai apa yang akan diambil hingga garis penyelidikan terkait apa saja yang ingin diketahui. Para mentor membantu narasumber mana saja yang diperlukan. Setelah mengunjungi para narasumber, para siswa melakukan penelitian dan merumuskan mengenai hasil yang didapat.

Selanjutnya, hal-hal yang didapat itu dapat memberikan manfaat bagi orang lain. PYP exhibition mulai diterapkan tahun 2018 lalu. PYP harapannya selaras dengan pandangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Yakni para siswa memiliki critical thinking skill, social skill, Communication Skill, riset skill, dan self management skill.



(amm)

loading...