alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petugas Damkar Kendal Bakar Enam Sarang Tawon Vespa Per Pekan

Eddie Prayitno
Petugas Damkar Kendal Bakar Enam Sarang Tawon Vespa Per Pekan
Petugas Damkar Kendal melakukan pembersihan sarang tawon di Desa Sumberejo, Kaliwungu, Kendal, Senin (2/12/2019) sore. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kendal dalam sepekan menerima permintaan pembersihan sarang tawon jenis Vespa affinis di empat lokasi berbeda. Pembersihan dilakukan setelah warga diserang ratusan tawon.

Pada Senin (2/12/2019) sore, petugas pemadam kebakaran Kendal melakukan pembersihan sarang tawon di Desa Sumberejo, Kaliwungu, Kendal. Sarang tawon yang berada di bawah tangki air sebuah rumah kos itu muncul sebulan yang lalu.

Menurut keterangan warga Sumberejo, Pipit, tawon Vespa kerap menyerang warga yang melintas di sekitar sarang. "Warga resah dan khawatir tawon ini menyerang anak-anak karena kerap bermain di bawah sarang tawon," katanya.



Pembersihan sarang tawon dilakukan dengan hati-hati. Berbalut pakaian tebal dan tertutup, awalnya petugas mendekati sarang lalu menyemprotkan pembasmi serangga. Mengantisipasi serangan tawon, petugas membawa obor untuk membakar sarang.

Tak jauh dari rumah kos tersebut, warga juga melaporkan adanya sarang tawon lain. Petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi dan menggunakan obor untuk membakar sarang. Untuk melokalisir tawon kabur, petugas menyemprotkan cairan pembasmi serangga.

Kasi Pengendalian Operasi Damkar Kendal, Saeful Huda mengatakan, permintaan pembersihan sarang tawon meningkat dalam sebulan terakhir. Dalam sepekan setidaknya empat sampai enam sarang tawon yang dibersihkan.

"Warga harus selalu berkordinasi dengan petugas damkar saat akan melakukan pembersihan (sarang tawon). Jangan membersihkan sarang tanpa didampingi petugas damkar yang lebih berpengalaman dan mengetahui teknik membersihkan sarang tawon," katanya.



(amm)

loading...