Tanah Bergerak, Dua Ruang Kelas SDN 1 Suwidak Banjarnegara Rusak Parah

Senin, 02 Desember 2019 - 21:10 WIB
Tanah Bergerak, Dua Ruang Kelas SDN 1 Suwidak Banjarnegara Rusak Parah
Guru SDN 1 Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara menunjukkan ruang kelas yang rusak akibat tanah bergerak, Senin (2/12/2019). FOTO/iNews/ELIS NOVIT
A A A
BANJARNEGARA - Ruang kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara rusak parah karena tanah bergerak. Kerusakan meliputi tembok retak, jebol, dan lantai kelas ambles. Akibatnya, siswa kelas 4 dan 5 terpaksa belajar di ruang perpustakaan dan kantor guru.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kondisi tanah di sekitar Desa Suwidak memang labil. Di samping itu, curah hujan selama sepekan terakhir cukup tinggi sehingga menyebabkan tanah bergerak.

Rizal Saputro, salah satu guru SDN 1 Suwidak mengatakan, demi keselamatan siswa, pihak sekolah terpaksa mengosongkan ruang kelas yang rusak dan memindahkan kegiatan belajar mengajar (KBM) ruangan lain.

"Kami benar-benar khawatir dan takut kalau melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang rusak. Kondisi tanah labil dan masih mengalami pergerakan hingga saat ini. Siswa terpaksa kami boyong ke ruang perpustakaan dan ruang guru," kata Rizal, Senin (2/12/2019).

Tanah Bergerak, Dua Ruang Kelas SDN 1 Suwidak Banjarnegara Rusak Parah


Meski bangunan kelas ada yang rusak, tapi kegiatan belajar mengajar dan ujian semester di SDN 1 Suwidak tetap berlangsung normal. Hanya, siswa merasa takut dan waswas saat hujan turun.

"Sebenarnya saya takut saat belajar di kelas ruangan perpustakaan ini, karena temboknya juga sudah retak dan kalau hujan takut roboh," tutur Risma, siswa kelas 4 SDN 1 Suwidak.

Kerusakan bangunan sekolah sudah dilaporkan kepada dinas terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara. Siswa dan guru berharap kerusakan segera bisa ditangani agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan normal kembali.

Tanah Bergerak, Dua Ruang Kelas SDN 1 Suwidak Banjarnegara Rusak Parah
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9700 seconds (0.1#10.140)