alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Sushi Roll Cheese ala Rumahan

Diana Rafikasari
Resep dan Cara Membuat Sushi Roll Cheese ala Rumahan
Sushi terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. FOTO/IST

JAKARTA - Salah satu makanan khas Jepang yang cukup populer adalah sushi. Makana ini terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Banyak orang menyukainya, dari orang tua hingga anak-anak.

Tak perlu terbang ke Jepang untuk mencicipi sushi, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah dan praktis. Biar lebih nikmat, Anda bisa variasikan isi sushi. Jika biasanya sushi hanya diisi telur dadar atau crabstick, kali ini bisa membuat sushi dengan isi saus keju berpadu dengan daging asap.

Jangan lupa atasnya lumuri mozzarella agar semakin nikmat. Hidangan ini juga cocok untuk bekal sekolah si kecil. Dikutip dari Endeustv, berikut resep membuat sushi roll cheese.



Bahan-bahan:
200 g nasi jepang hangat
1 sdt gula
½ sdm cuka
¼ sdt garam
1 buah mentimun jepang
2 lembar nori

Bahan saus keju:
50 g keju cheddar, parut
5 sdm mayones
2 lembar daging asap, potong dadu, tumis
1 butir telur ayam rebus, cincang halus

Topping:
1 sdm minyak
1 sdm bawang daun, iris halus
¼ bawang bombay cincang halus
100 g keju mozzarella, parut

Cara membuat:
Saus keju, campur semua bahan. Sisihkan. Campur nasi jepang hangat, gula, cuka, dan garam. Aduk rata. Bagi dua. Sisihkan.

Di atas nori, tuang setengah bagian nasi. Ratakan. Tuang di atas ¼ bagian nasi dengan irisan mentimun dan saus keju. Gulung rapat. Potong-potong.

Topping, tumis bawang daun dan bawang bombay. Masukkan keju mozarella. Masak hingga meleleh. Tuang di atas potongan sushi sesaat disajikan.



(amm)

loading...