Jokowi Sebut Ada yang Ingin Cari Muka dan Menjerumuskannya

Senin, 02 Desember 2019 - 15:41 WIB
Jokowi Sebut Ada yang Ingin Cari Muka dan Menjerumuskannya
Presiden Joko Widodo menegaskan menolak wacana masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan menolak wacana mengubah masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

“Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu satu, ingin menampar muka saya. Kedua ingin cari muka. Padahal saya sudah punya muka. Ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (2/12/2019).

Mengenai wacana pemilihan presiden tidak langsung atau kembali ke MPR, Jokowi juga kembali memastikan menolak. Dia menegaskan dirinya adalah produk pemilihan langsung. “Sejak awal sudah saya sampaikan bahwa saya ini produk dari pemilihan langsung,” ungkapnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan sejak ada usulan amendemen UU meminta untuk dibatasi hanya berkaitan dengan haluan negara.

Dia pun sempat mempertanyakan apakah keinginan amendemen ini nantinya tidak melebar kemana-mana. “Jangan melebar kemana-mana. Kenyataannya seperti itu kan. Ada yang lari ke presiden dipilih MPR. Ada yang lari presiden tiga periode. Ada yang lari presiden satu kali 8 tahun. Kan kemana-mana seperti yang saya sampaikan,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi mengatakan lebih baik tidak dilakukan amendemen jika isunya melebar dan tidak dibatasi. “Lebih baik tidak usah amendemen. Kita konsentrasi aja ke tekanan-tekanan eksternal yang dalam hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk diselesaikan,” katanya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5361 seconds (0.1#10.140)