alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kampung Pengok Diusulkan Jadi Destinasi Wisata Kereta Api

Priyo Setyawan
Kampung Pengok Diusulkan Jadi Destinasi Wisata Kereta Api
Lokomotif yang berada di Balai Yasa Yogyakarta FOTO: Dok Balai Yasa

YOGYAKARTA - Anggota Fraksi DPRD Kota Yogyakarta Fokki Ardiyanto mengusulkan Kampung Pengok, Gondokusuman, Yogyakarta menjadi destinasi wisata kereta api. Dasar usulan ini, karena di Pengok ada bengkel kereta api Balai Yasa. Dimana tempat itu juga merupakan bagian dari sejarah perkereta apian di Indonesia.

“Kalau Ambarawa bisa menjadikan stasiun kereta api menjadi destinasi wisata mengapa Pengok yang punya Bengkel kereta api dan kawasannya tidak bisa,” kata Fokki saat jaring aspirasi masa reses di Pengok, Senin (2/12/2019).

Fokki menjelaskan dengan potensi yang ada tersebut, tentunya dapat dikembangkan lebih lanjut untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi ada tiga kawasan yang akan berkembang di sekitar Pengok yaitu Lempunyangan, Kotabaru dan Kridosono serta Embung Langensari.



Lempunyangan akan menjadi pintu masuk dan keluar menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dan ada pembangunan kawasan bisnis di bekas depo pertamina. Kotabaru dan Kridosono akan menjadi wisata heritage dengan ciri bentuk bangunan indische. Kawasan Embung Langensari akan dijadikan destinasi wisata air. Termasuk rencana pengembangan kampung Sapen menjadi kampung Inggris.

“Namun setelah berkembang jangan sampai warga Pengok hanya jadi penonton. Ini yang harus menjadi perhatian dalam gerak laju pembangunan Kota Yogyakarta,” tandasnya.

Untuk itu sebagai langkah awal Dinas Kebudayaan (Disbud) Yogyakarta bisa mengkaji supaya bisa diadakan event, seperti festival kereta api dan membuat cerita secara tertulis tentang Pengok dengan sejarah perkereta-apian di Indonesia.

“Dinas pariwisata (Dsipar) Yogyakarta juga diharapkan bisa melakukan intervensi dalam hal branding wisata kereta api di kampung Pengok,” tandasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Pengok, Gondokusuman, Yogyakarta, Yoyok mengatakan sebenarnya warga sudah punya ide untuk kawasan Pengok menjadi destinasi wisata kereta api. Untuk merealisasikan gagasan itu di antaranya sudah mempersiapkan dengan membentuk Forkom Masyarakat Pengok Untuk Wisata Kereta Api.

“Karena itu, berharap ada pendampingan dan pembinaan dari pemerintah untuk mengimpletasikannya,” harapnya.



(nun)

loading...