alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gus Yaqut: Kader Ansor dan Banser Jangan Abai dengan Politik

Abdul Hakim
Gus Yaqut: Kader Ansor dan Banser Jangan Abai dengan Politik
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas. FOTO : DOK SINDOnews

PEKALONGAN - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan wajah Nahdlatul Ulama (NU) tergantung bagaimana kader Ansor dan Banser hari ini.

"Ansor dan Banser adalah kader masa depan NU, sekaligus NU masa depan. Untuk mewujudkan itu, selama berkhidmah kita dituntut berorganisasi dengan baik sesuai visi dan misi. Selama kita berorganisasi tertib, maka NU ke depan juga akan baik. Sebaliknya, kalau berorganisasi semaunya sendiri, tidak jalankan kaderisasi, tidak tertib administrasi, tidak taat pimpinan, ya NU ke depan akan tidak baik," tandas Yaqut di depan ratusan kader Ansor dan Banser, di Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Minggu (1/12/2019) dinihari.

Dalam acara Konsolidasi Organisasi PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan yang dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah Sholahuddin Aly, Kasatkorwil Banser Jawa Tengah Muchtar Makmun, Ketua PP GP Ansor Korwil Jawa Tengah Mujiburrohman, dan jajaran pimpinan pusat lainnya, Yaqut menegaskan untuk membangun NU masa depan dibutuhkan kontribusi serius dalam dunia sosial kemasyarakatan, termasuk di dunia politik.



"Saya tidak sedang mengajak Ansor berpolitik, namun hampir semua dimensi kehidupan masyarakat ditentukan oleh politik. Sebab itu kita harus seimbang antara keagamaan dan sosial kemasyarakatan, di mana di dalamnya ada politik. Menjaga ajaran Aswaja, salawatan, ngaji, gotong royong, itu penting dan harus, namun politik juga tak kalah penting karena kita kita hidup di dunia," tegas Gus Yaqut.

Menurut Gus Yaqut, meski NU, termasuk Ansor adalah organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan, namun para kader jangan abai dengan persoalan politik.

"Kita tidak bisa hanya ngaji saja, salawatan saja. Tapi juga harus menatap masa depan bangsa dengan lebih baik. Sebab itu kita jangan abai dengan masalah politik. Makanya kalau ada kader kita seperti sahabat Azmi Fahmi, Ketua PC GP Ansor Kabupaten ini punya peluang maju bupati, ya harus didukung, diperjuangan seluruh kader. Ini politik," tandas Gus Yaqut, yang juga anggota. DPR RI dari Fraksi PKB ini, disambut riuh kader.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut meminta seluruh kader Ansor dan Banser tetap solid dan satu komando dalam berkhidmah, serta serius menjaga ajaran Aswaja, Pancasila, dan NKRI.



(nun)

loading...