Kaderisasi Muazin, Pemkab Sleman Gelar Lomba Azan dan Iqamah

Sabtu, 30 November 2019 - 18:31 WIB
Kaderisasi Muazin, Pemkab Sleman Gelar Lomba Azan dan Iqamah
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat membuka Lomba Azan dan Iqamah di Masjid Agung Sleman, Sabtu (30/11/2019). FOTO/DOK.PEMKAB SLEMAN
A A A
SLEMAN - Sebanyak 92 perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman mengikuti Lomba Azan dan Iqamah 2019. Lomba secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Masjid Agung Sleman, Sabtu (30/11/2019).

Lomba terbagi dalam enam kategori. Masing-masing kategori anak-anak (usia 5-12 tahun), kategori remaja (usia 13-17 tahun), kategori dewasa (usia 18-60 tahun), kategori lanjut usia (usia lebih dari 60 tahun), kategori difabel (semua usia), dan kategori tuna netra (semua usia).

Lomba dilaksanakn di enam tempat, yakni serambi Masjid Agung Sleman, aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), ruang Praja I, aula lantai 3, dan Masid Darojatul Ulya Pemkab Sleman serta pendopo rumah dinas bupati Sleman.

Sri Muslimatun mengatakan, Lomba Azan dan Iqamah bukan sekeda agenda rutin tahunan, tapi memiliki tujuan untuk memotivasi para muazin selalu memakmurkan masjid. Selain itu juga menjadi sarana menegakkan perintah agama Islam, yakni salat secara berjamaah di masjid.

"Lomba ini juga sebagai upaya kaderisasi bagi generasi muda agar mau menyerukan azan di masjid yang ada di lingkungannya," kata Muslimatun.

Menurutnya, kaderisasi ini penting karena saat ini anak muda ada yang tidak mau azan karena beberapa alasan. "Semoga ini bisa menjadi upaya kaderisasi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5144 seconds (0.1#10.140)