97 Anak Asuh di Sleman Diberikan Beasiswa Rp26,4 Juta

Jum'at, 29 November 2019 - 21:30 WIB
97 Anak Asuh di Sleman Diberikan Beasiswa Rp26,4 Juta
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyerahkan beasiswa LOTA kepada penerima di aula Ki Hajar Dewantara Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Jumat (29/11/2019). FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB SLEMAN
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali menyalurkan beasiswa Lembaga Orang Tua Asuh (L-OTA) 2019 kepada 97 anak asuh senilai Rp26,4 juta. Dari jumlah itu, sebanyak Rp17,040 juta untuk 71 siswa SD/MI dan Rp9,360 juta untuk 26 siswa SMP/MTS. Masing-masing siswa SD/MI menerima Rp240.000 dan SMP/MTs Rp36.000.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyerahkan langsung beasiswa tersebut di aula Ki Hajar Dewantara Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Jumat (29/11/2019).

Sri Muslimatun mengatakan, karena pendidikan sangat penting, terutama untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, serta menyejahterakan dan memajukan masyarakat. Karena itu, agar tujuan pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud, maka perlu dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, swasta dan pemerintah

"Dukungan ini penting. Sebab jika hanya pemerintah yang berperan, tentunya tidak mencukupi," kata Sri Muslimatun dalam sambutannya saat penyerahan beasiswa.

Wabup menyambut baik kegiatan penyaluran bantuan beasiswa kepada anak asuh tersebut. Ia juga mengapresiasi para donatur yang telah peduli menyalurkan bantuannya untuk para anak asuh di Sleman.

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sleman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah, amal jariyah untuk anak-anak sekolah," katanya.

Untuk itu, kepada para siswa yang mendapatkan beasiswa, diharapkan dapat memanfaatkannya, terutama dalam menunjang dan mendukung kegiatan pendidikan. Mereka harus semakin giat dan rajin belajar serta yang terpenting tidak ada lagi anak putus sekolah, sehingga bukan hanya akan meningkatkan kualitas tapi juga dapat mewujudkan cita-cita. "Ini yang harus menjadi perhatian," ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan wakil Ketua L-OTA DIY, Masamah. Ia mengatakan, bantuan beasiswa pendidikan ini untuk membantu siswa-siswi SD dan SMP dari keluarga tidak mampu, sehingga mereka akan memperoleh layanan pendidikan seklaigus membantu kebutuhan personal siswa.

"Penyaluran bantuan ini merupakan kegiatan rutin. Tahun ini LOTA DIY menyalurkan beasiswa sebesar Rp190,680 juta untuk 708 anak se-DIY. Sebanyak Rp26,4 juta di antaranya untuk Sleman bagi 97 anak," katanya.

Wakil Ketua DPRD Sleman, Arif Kurniawan mengaku sangat mendukung program tersebut. Dengan langkah ini diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan. Namun begitu, agar program ini tepat sasaran tetap harus ada pengawasan bersama.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0661 seconds (0.1#10.140)