Bandara Adisutjipto Sempat Ditutup 2 Jam, Ini Penjelasan Angkasa Pura

Jum'at, 29 November 2019 - 16:47 WIB
Bandara Adisutjipto Sempat Ditutup 2 Jam, Ini Penjelasan Angkasa Pura
Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sempat tutup untuk perbaikan landasan pacu (runway), Jumat 929/11/2019) pagi. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta tadi pagi sempat menutup landasan (runway close) mulai pukul 06.43-09.00 WIB. Penutupan ini dilakukan karena ada aspal yang mengelupas (weakspot) di landasan yaitu pada posisi 1.030 meter sisi utara runway 09 lebih 5 meter dari garis pusat (center line).

Penutupan ini menyebabkan beberapa penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terganggu. Di antaranya enam penerbangan tertunda (delay), delapan dialihkan (divert), dan empat kembali ke landasan (dua return to apron dan dua holding).

Enam penerbangan yang delay masing-masing rute Yogya-Denpasar, Yogya-Halim Perdanakusuma, Yogya-Surabaya, Yogya-Balikpapan (satu penerbangan) dan Yogya-Cengkarang (dua penerbangan). Delapan penerbangan tujuan Yogya yang dialihkan masing-masing empat ke Solo dan empat ke Surabaya.

Sedangkan empat yang kembali ke landasan, yaitu dua return to apron (kembali ke landasan parkir) rute Yogya-Surabaya dan Yogya-Halim Perdanakusuma dan dua holding (kembali ke landasan penerbangan awal) rute Denpasar-Yogya dan Balikpapan-Yogya.

General Manager (GM) PT AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, penutupan landasan pagi tadi untuk kepentingan perbaikan aspal yang mengelupas. Untuk menjaga keselamatan penerbangan maka area sekitar harus clear.

"Penutupan mulai 06.45 WIB hingga 08.45 WIB dan buka kembali pukul 09.00 WIB," kata Agus Pandu Purnama, Jumat (29/11/2019).

Agus mengatakan, sebelum penerbangan dibuka normal, pihaknya tetap harus memastikan clear area terlebih dahulu, setelah itu baru kemudian operasional penerbangan dapat kembali dijalankan. Karena itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi untuk aktivitas penerbangan pascapenutupan, khususnya yang menyangkut dengan pelayanan terhadap penumpang di Bandara.

"Saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal kembali sesuai dengan pemberitahuan untuk penerbangan atau Notice to Airmen (NOTAM) B5907/19 NOTAMC B5906/19 yaitu pada pukul 09.00 WIB,"
katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9739 seconds (0.1#10.140)