DLH Diminta Miliki Laboratorium untuk Pantau Kualitas Air Sungai

Kamis, 28 November 2019 - 19:50 WIB
DLH Diminta Miliki Laboratorium untuk Pantau Kualitas Air Sungai
Ilustrasi /SINDOnews
A A A
SOLO - Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot setempat membangun laboratorium kualitas air. Alasannya, Kota Solo dikelilingi sungai yang keberadaannya penting bagi masyarakat, termasuk untuk bahan baku air minum.

“Selama ini, beberapa kasus terkait dugaan pencemaran air sungai terkendala dengan uji kualitas air,” kata Sukasno, Kamis (28/11/2019). Keterbatasan alat dinilai menjadi alasan klasik DLH dalam memberikan keputusan. Dengan laboratorium, diharapkan kualitas air Sungai Bengawan Solo berikut sejumlah anak sungainya dapat terpantau rutin.

Untuk itu, DLH diminta mengajukan anggaran untuk pengadaan laboratorium pada APBD Perubahan tahun 2020 mengingat pengajuan pada APBD murni tidak memungkinkan. Pada sisi lain, pelaku industri diminta memperhatikan pembuangan limbah ke sungai. Sebelum dibuang, diharapkan diolah dulu sesuai standar yang ditetapkan agar tidak mencemari.

Kepala DLH Solo Sri Wardhani mengaku belum dapat memastikan pengadaan laboratorium kualitas air tahun depan. Pihaknya akan melakukan koordinasi terkait penyusunan skala prioritas anggaran tahun depan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2493 seconds (0.1#10.140)