alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ponsel iPhone 11s Pakai OLED, Tinggalkan Intel dan Kembali ke Qualcomm

Muhammad Iqbal Marsyaf
Ponsel iPhone 11s Pakai OLED, Tinggalkan Intel dan Kembali ke Qualcomm
Tampak render dari handphone Apple iPhone 12 yang banyak beredar di dunia maya. Foto/IST

CUPERTINO - Apple merilis satu lagi model di samping iPhone unggulan berlayar besar dan kecil. Handphone yang dimaksud adalah iPhone XR yang diluncurkan pada 2018 dan iPhone 11 di tahun ini.

Bertujuan mengontrol biaya, seri iPhone baru di atas tidak menggunakan layar OLED seperti model flagship lainnya. Namun hal ini akan berubah tahun depan, ketika perusahaan merilis iPhone 11s.

Menurut Korea Electronics Times, beberapa orang dalam perusahaan mengatakan, Apple akan merilis tiga model iPhone 11 baru pada musim gugur mendatang. Ukuran layar dari ketiga ponsel ini adalah 5,4 inci; 6,1 inci; dan 6,7 inci.



Dua di antaranya, model 5,4 inci dan 6,7 inci akan mendapatkan pasokan panel layar dari Samsung. Dan varian 6,1 inci mendapatkan panel display dari Samsung dan LG. Plus, ketiga model akan mengadopsi layar OLED.

Selain itu, masalah sinyal iPhone diperkirakan akan terpecahkan. Menurut beberapa sumber, Apple akan membatalkan baseband Intel pada iPhone pada 2020 dan menggantinya dengan baseband X55 5G Qualcomm.

Pada saat yang sama, perusahaan yang berbasis di Cupertino akan meningkatkan desain antena telepon. Caranya dengan menggunakan lebih banyak antena dan mendukung gelombang milimeter.

Laman Giz China menyebutkan, Apple dan Qualcomm telah mencapai penyelesaian pada paruh pertama tahun ini. Mempertimbangkan kecepatan iterasi produk, Apple punya waktu untuk mengganti baseband dan antena baru untuk iPhone baru.

Mmengingat gaya Apple, jika masalah sinyal dapat diselesaikan dan diganti dengan layar OLED beresolusi lebih tinggi, maka harga iPhone 11s tahun depan diperkirakan akan naik lagi.Soal penamaan memang agak membingungkan, apakah benar menggunakan iPhone 11s bukan iPhone 12? Atau ini adalah model baru di samping iPhone 12.



(mif)

loading...