Presiden Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,05% saat Tutup Tahun

Kamis, 28 November 2019 - 12:50 WIB
Presiden Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,05% saat Tutup Tahun
Presiden Jokowi memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun ini berkisar 5,04% sampai 5,05%. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim kondisi ekonomi Indonesia semakin baik di tengah ketidakpastian global. Dia memprediksi pertumbuhan ekonomi berkisar antara 5,04-5,05% pada akhir tahun nanti.

"Saya kira pertumbuhan ekonomi kita tahun ini mungkin sekitar 5,04% atau 5,05%," ujar Presiden di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut, sesuai dengan prediksi beberapa lembaga internasional. Adapun tahun ini menurutnya masih ada tantangan-tantangan yang menghambat ekonomi untuk melaju kencang.

"Dengan kondisi ekonomi global yang menurut Bank Dunia, IMF juga kemungkinan bisa turun lagi, karena kondisi yang ada belum bisa diselesaikan," jelasnya.

Presiden Jokowi juga mengaku mendapat laporan dari Bank Dunia mengenai kondisi ekonomi global saat ini. Meski ada perlambatan pertumbuhan ekonomi, Jokowi bangga karena ekonomi Indonesia masih mampu tumbuh.

Bahkan, kata dia, ekonomi Indonesia masih tumbuh lebih baik dibanding beberapa negara lainnya. Kualitas pertumbuhan pun menurutnya membaik terlihat dari inflasi yang semakin membaik.

"Inflasi lima tahun ini bisa dijaga di posisi kurang lebih 3,5% dari yang sebelumnya 8-9%. Ini kita harus jaga bersama, terutama di Bank Indonesia, jaga inflasi," tegasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1898 seconds (0.1#10.140)