Kapolda DIY Lantik Tiga Pejabat Utama Polda DIY

Kamis, 28 November 2019 - 11:30 WIB
Kapolda DIY Lantik Tiga Pejabat Utama Polda DIY
Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengambil sumpah para pejabat baru Polda DIY, di halaman Polda DIY, Jalan Pajajaran, Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (28/11/2019). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri melantik tiga pejabat utama Polda DIY di halaman Mapolda DIY, Jalan Pajajaran, Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (28/11/2019). Tiga pejabat utama yang dilantik, yaitu Direktur Reserse Krimninal Umum (Dir Reskrimum), Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) dan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamiora Polda DIY.

Dir Reskrimum Polda DIY yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Hadi Utomo diganti AKBP Burkan Rudy Satria yang sebelumnya Wakil direktur lalu lintas (Wadir Lantas) Polda Maluku. Kombes Pol Hadi Utomo mendapat tugas baru sebagai Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri.

Dir Resnarkoba Polda DIY lama Kombs Pol Jamaluddin Farti diganti AKBP Ary Satriyan yang sebelumnya menjabab Kasubbagakuntas Banganev Rorenmin Itwasum Polri. Pejabat lama dimutasi sebagai analis kebijakan madya bidang Akpol Lemdiklat Polri dalam rangkat Dik Sespimti Polri.

Sedangkan Kepala SPN Selopamiora Polda DIY Kombes Pol Imam Kabut Sariadi diganti AKBP Sonny Mahar Adityawan yang sebelummya menjabat Wakapolres Jakarta Timur Polda Metro Jaya. Pejabat lama mendapat tugas baru sebagai Dir Reskrimum Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolda DIY Ahmad Dofiri mengatakan serah terima jabatan (sertijab) merupakan bentuk penyegaran organisasi secara rerencana dan berkesinambungan. Disamping itu juga karena adanya kebutuhan, tour of duty dan promosi. Untuk kebutuhan, seperti Dir Resnarkoba Polda DIY karena akan menempuh pendidikan sehingga jabatan ditinggalkan. Sehingga harus ada pengantinya.

Tour of duty, yaitu Ka SPN menjadi Dir Reskrimum di Polda dan Dir Reskimum Polda DIY karena sudah S3 doktor ilmu hukum maka di tempatkan di Bareskrim. Untuk promosi karena pejabat baru pangkatnya masih AKBP, sehingga di Polda DIY akan naik pangkat menjadi Kombes.

”Jadi tiga jabatan baru di Polda DIY untuk penyegaran sekaligus promosi. Mudah-mudahan Januari 2019 nanti pejbat baru sudah naik pangkat menjadi Kombes. Diharapkan dengan jabatan dan pangkat baru. Semangat juga baru dan lebih dinamis,” kata Dofiri usai Sertijab.

Ditanya apa ada pesan kepada Dir Rekrimum untuk mengantisipai kejahatan jalanan. Menurut Dofiri ejahatan jalanan, terutama klitih memang menjadi perhatian. Untuk itu Dir Reskrimum sebagai pembina fungsi harus memiliki terobosan dan inovasu sebagai upaya preventif sebelum melakukan tindakan penegakkan hukum.

“Upaya preventif yang paling penting. Ini yang harus terus kita galakkan,” tandasnya.

Dir Reskrimum Polda DIY AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan fokus reserse tetap pada pengungkapan kasus, terutama yang belum terungkap. Untuk preventif akan memback up dan mengendepankan kewilayahan, Polres sampai Polsek serta bekerjasama dengan fungsi lainnya. Sebab yang terpenting, yakni upaya pencegahannya.

“Untuk kasus yang belum terungkap, akan melakukan analisis dan cek ulang dimana hambatannya. Sehingga dalam waktu dekat bisa diungkap,” terang mantan Kapolres Sleman itu.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7712 seconds (0.1#10.140)