alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkatkan Akreditasi PTMA, UAD Gelar International Event 2019

Priyo Setyawan
Tingkatkan Akreditasi PTMA, UAD Gelar International Event 2019
Perwakilan International Event 2019 berfoto bersama usai pembukaan di kampus UAD Yogyakarta, Rabu (27/11/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta selama empat hari, Rabu-Sabtu (27-30/11/2019), menggelar International Event 2019. Kegiatan itu diikuti 59 peserta dari 14 perguruan tinggi Muhammdiyah dan Aisyiah (PTMA) di Indonesia, serta 25 peserta dari 10 negara.

Acara ini bertujuan meningkatkan akreditasi perguruan tinggi sekaligus mengasah dan menggali potensi mahasiswa. Termasuk ajang silaturahmi mahasiswa di lingkungan PTMA maupun dengan mahasiswa dari negara lain.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD Yogyakarta, Danang Sukantar mengatakan, salah satu persyaratan pemeringkatan kemahasiswaan dan perguruan tinggi, yakni adanya kegiatan internasional. Di mana kegiatan internasional itu harus melibatkan beberapa perguruan tinggi termasuk adaya delegasi asing.



"Karena itulah acara ini kami melibatkan 14 PTMA dengan 59 peserta dan 10 negara dengan 25 peserta," kata Danang usai pembukaan International Event 2019 di kampus utama UAD Yogyakarta, Rabu (27/11/2019).

Sebanyak 14 PTMA terdiri dari UAD, Stikes Aisyiah Surakarta, Stikes Muhammadiyah Gombong, Universitas Muhammadiyah (UM) Buton, UM Kudus, UM Malang, UM Magelang, UM Maluku Utara, UM Semarang, UM Sukabumi, UM Sumatera Barat, UM Surabaya, UM Taskmalaya, dan Uhamka. Sedangkan 10 negara yang ambil bagian adalah Banglades, Belgia, China, Hungaria, Laos, Madagaskar, Malaysia, Palestina, Thailand dan Vietnam.

Danang menjelaskan, International Event merupakan agenda tahunan yang dimulai sejak 2018. Ada perbedaan kegiatan tahun lalu dengan sekarang. Jika pada 2018 hanya menggelar seminar dan international camp, maka tahun ini ada tambahan lomba, yakni melukis, menyanyi, dan fotografi.

Lomba melukis dan menyanyi dilaksanakan 27 November 2019, lomba fotografi 28 November 2019, seminar internasional 29 November, dan international camp pada 30 November 2019. "Lomba dan seminar internasional tempatnya di kampus utama UAD, sedangkan international camp di Mangunan, Dlinggo, Bantul," katanya.

Menurut Danang, melalui International Event diharapkan peringkat PTMA, terutama yang ada di klaster bawah, dapat terdongkrak ke atas. Selain itu juga untuk memberikan pengalaman kepada PTMA dalam kegiatan internasional.

Wakil Rektor III UAD Yogyakarta, Abdul Fadil mengatakan, selain meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, even ini juga mendorong PTMA menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain, baik di Indonesia maupun luar negeri, di bidang akademik maupun nonakademik. Seperti kegiatan internasional, pelatihan, penelitian seminar dan pertukaran mahasiswa maupun dosen.

"Bisa juga mengadakan kerja sama dalam hal ekstra kurikuler untuk pengembangan potensi mahasiswa," kata Abdul Fadil saat membuka International Event UAD 2019.



(amm)

loading...