Pemda DIY Targetkan JJLS Tersambung Pada 2021

Rabu, 27 November 2019 - 18:10 WIB
Pemda DIY Targetkan JJLS Tersambung Pada 2021
Pemda DIY memastikan jalur jalan lintas selatan (JJLS) yang melintasi wilayahnya akan selesai pada 2021. FOTO/DOK.ANTARA
A A A
GUNUNGKIDUL - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)menargetkan jalur jalan lintas selatan (JJLS) yang melintasi wilayahnya akan selesai pada 2021. Saat ini proses pembangunan jalan sepanjang 116 km dari Kulonprogo hingga Gunungkidul masih terus dikebut.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) DIY, Bambang Sugaib mengatakan, saat ini pihaknya tengah merampungkan trase Jeruk Wudel-Duwet di perbatasan Gunungkidul-Wonogiri. Jalan sepanjang 10,6 kilometer tersebut bakal dibuat empat lajur.
Total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp260 miliar.

"Kita targetkan tahun 2021, semua jalur sudah tersambung minimal dua lajur," katanya kepada wartawan di Rongkop, Gunungkidul, Rabu (27/11/2019).

Saat ini DPU ESDM sedang berusaha menambah pelebaran JJLS di beberapa ruas yang masih dua lajur. Diharapkan, semua lajur JJLS di DIY bisa empat lajur sehingga bisa mengangkat ekonomi sektor Selatan di Jawa, khususnya di DIY.

"Kita juga akan bangun dua jembatan di Bantul yaitu di Kretek serta Srandakan untuk optimalisasi JJLS," katanya.

Sementara, project Officer Satuan Kerja Jalan Nasional Wilayah V, Juniar Perkasa mengungkapkan, pihaknya sudah memperhitungkan secara matang pembangunan JJLS. Rute jalan menghindari rongga-rongga jalur air atau gua yang dikenal dengan sebutan luweng. "Kita sudah perhitungan di situ sehingga ketika ada luweng harus dihindari," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3685 seconds (0.1#10.140)