alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Demi Produksi Susu, Sapi Ini Dipasangi Headset Realitas Virtual

Muhaimin
Demi Produksi Susu, Sapi Ini Dipasangi Headset Realitas Virtual
Seekor sapi di Moskow, Rusia dipasangi headset realitas virtual di kepalanya. Foto/msh.mosreg.ru

MOSKOW - Para petani di wilayah Moskow, Rusia, memasangkan headset realitas virtual pada kepala sapi perah mereka untuk menguji produksi susu. Dengan headset itu sapi-sapi mereka akan selalu melihat rumput hijau di dunia virtual.

"Para ahli mencatat berkurangnya kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality)," kata pihak administrasi pertanian regional.

Fase kedua percobaan, kata administrasi itu, akan mengevaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR.



Para petani bekerja sama dengan pengembang dan dokter hewan, dan mengandalkan penelitian visi ternak, untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas.

Pihak administrasi telah menerbitkan sebuah foto yang menampilkan seekor sapi Holstein Friesian mengenakan headset hitam pada hari yang mendung. Dengan alat itu si sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.

Mengutip laporan Interfax, Selasa (26/11/2019), percobaan itu dilakukan di sebuah peternakan di Krasnogorsk di barat laut Moskow.

Administrasi pertanian wilayah Moskow mengutip penelitian Belanda dan Skotlandia yang menunjukkan bahwa suasana yang tenang dapat meningkatkan produksi susu sapi.

"(Bahkan) pabrikan lokal memainkan musik klasik yang menenangkannya, memiliki efek positif pada aliran susu," kata administrasi pertanian tersebut.

Masih menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.



(nun)