Anggaran Penanggulangan Bunuh Diri di Gunungkidul Rp1 Miliar

Senin, 25 November 2019 - 23:28 WIB
Anggaran Penanggulangan Bunuh Diri di Gunungkidul Rp1 Miliar
Pemkab Gunungkidul menganggarkan dana Rp1 miliar untuk pencegahan bunuh diri. Ilustrasi : DOK SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Kasus bunuh diri terus menjadi agenda untuk ditanggulangi. DPRD Gunungkidul telah mengusulkan dan disetujui anggaran pencegahan bunuh diri sebesar Rp1 miliar.

"Kasus bunuh diri harus diperhatikan serius, rata rata 30 orang tiap tahun gantung diri, makanya kita akan ikut sosialisasi pencegahan," terang Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, Senin (25/11/2019).

Dijelaskannya untuk penanggulangan ini pihaknya juga siap menggandeng stake holder yang selama ini berjuang untuk menanggulangi bunuh diri."Kita siapkan anggaran sekitar Rp1 miliar, " katanya.

Dijelaskannya, selama ini upaya penanggulangan bunuh diri tidak bisa maksimal. Hal ini juga terlihat dengan tidak adanya anggaran, tidak ada tim yang jelas untuk sosialisasi ke masyarakat serta langkah perencanaan yang jelas pula.

"Membentuk tim, namun tidak ada tindak lanjut dengan tugas yang jelas pula, jadi ya tidak maksimal," bebernya.

Untuk itu, ke depan pihaknya juga berharap wakil rakyat ikut bertanggung jawab dengan turun ke masyarakat untuk upaya pencegahan bunuh diri. "Semua harus terlibat pemkab, DPRD dan stke holder seperti LSM yang konsen dengan permasalahan sosial bunuh diri ini," tandas Endah.

Seperti diketahui, kasus bunuh diri di Gunungkidul belum bisa ditangani secara maksimal. Hingga bulan November ini, tercatat 31 warga yang nekat mengakhiri hidup di tiang gantungan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8629 seconds (0.1#10.140)