Bingung Usai Di-PHK, Ikuti Saja Pelatihan dari Jamsostek Ini

Senin, 25 November 2019 - 23:19 WIB
Bingung Usai Di-PHK, Ikuti Saja Pelatihan dari Jamsostek Ini
Media Relation bersama awak media yang digelar BP Jamsostek Cabang Yogya Senin (25/11). FOTO : DOK Humas BP Jamsostek Cabang Yogya
A A A
YOGYAKARTA - Kena PHK (pemutusan hubungan kerja), kontrak tidak diperpanjang atau kontrak habis, tak perlu risau. Anda masih bisa mengembangan potensi dengan mengikuti berbagai pelatihan. Salah satunya seperti program Vokasi Indonesia Bekerja yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Program ini digelar untuk menunjang keahlian dan keterampilan para mantan pekerja. Kota Yogyakarta menjadi salah satu pilot project program vokasi selain Semarang dan Surakarta.

“Program vokasi tersebut hanya diberikan bagi para pekerja yang terkena PHK, masa kontrak habis atau tidak diperpanjang. Termasuk bagi mereka yang resign,” terang Kepala BP Jamsostek Cabang Yogyakarta Ainul Khalid di hadapa wartawan saat kegiatan Media Relation bersama awak media di Yogya, Senin (25/11).

BP Jamsostek Cabang Yogyakarta tahun ini memiliki kuota 225 orang untuk kegiatan vokasi ini. Dari jumlah itu sudah terserap 20 orang sehingga hingga akhir tahun ini masih ada 205 kuota. “Pelatihan vokasi angkatan pertama diikuti oleh sebanyak 20 orang peserta pada 7 November lalu,” terangnya.

Saat itu mereka diberi pelatihan membatik di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) DIY selama tiga minggu. Selain gratis tanpa dipungut biaya, mereka juga mendapatkan uang saku per hari sebesar Rp40.000.

Mantan pekerja yang bisa mengikuti kegiatan tersebut, kata Ainul, adalah peserta yang di PHK tidak lebih dari dua tahun. Selain itu, peserta vokasi sudah menjadi peserta BP Jamsostek selama minimal satu tahun.

“Setelah mendapat pelatihan kami berharap mantan pekerja tersebut bisa kembali terserap di dunia kerja. Syukur-syukur bisa membuka usaha secara mandiri," katanya.(Baca Juga: Artis dan Official Ngayogjazz Terlindungi Jamsostek
Selain bekerjasama dengan BBKB DIY, BP Jamsostek Yogyakarta juga menyiapkan kerjasama dengan instansi lainnya untuk menggelar kegiatan vokasi. Seperti sektor garmen, kerajinan, pariwisata, otomotif, barista dan sebagainya.

"Pelatihan ini digelar sesuai dengan keinginan dan minat peserta. Misalnya latihan pertukangan, bidang automotive,video editing menjadi chef, las listrik, dan sebagainya," jelasnya.

Menarik bukan ? Nah, bagi anda yang memenuhi kriteria di atas atau bagi karyawan yang baru saja resign dan ingin memiliki keahlian di bidang lain bisa segera mendaftarkan diri ke BP Jamsostek. Caranya bisa langsung datang ke kantor BP Jamsostek atau klik https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id atau via aplikasi WhatsApp di 08561462237.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0460 seconds (0.1#10.140)