alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peringati HGN, Guru di Kendal Jadi Petugas Upacara

Eddie Prayitno
Peringati HGN, Guru di Kendal Jadi Petugas Upacara
Guru MTs dan MA Keterampilan Darussaadah Rowosari, Bulak, Rowosari, Kendal, menjadi petugas upacara peringatan Hari Guru Nasional, Senin (25/11/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Ada yang istimewa pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Kendal, Senin (25/11/2019). Jika biasanya petugas upacara dilakukan siswa, maka di Madrasah Tsanawiah (MTs) dan Madrasah Aliah (MA) Keterampilan Darussaadah Rowosari, Bulak, Rowosari, Kendal, guru yang menjadi petugas upacara.

Dalam upacara itu guru menjadi petugas pengibar bendera, pembaca acara, dirijen, pembaca UU 1934, serta pembaca doa. Meski tidak luwes seperti siswa, tapi ini memberi contoh kepada siswa bahwa guru bisa menjadi teladan.

Kepala MA Keterampilan Darussaadah Rowosari, Siswanto mengatakan, pihaknya sengaja menerjunkan seluruh tenaga kependidikan mulai dari guru, staf, dan karyawan. “Selain sebagai bentuk komitmen sebagai guru, juga bisa menjadi tauladan para anak didiknya,” kata Siswanto usai upacara, Senin (25/11/2019).



Menurutnya, melibatkan guru dan staf menjadi petugas upacara merupakan contoh bahwa tugas pendidik sangat berat karena mempunyai tanggung jawab kepada siswa. Upacara diakhiri dengan jabatan tangan ucapan selamat dari ratusan siswa kepada para guru.

Salah satu siswa, Ikbal Reza mengatakan, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Namun saat ini peminatnya sangat sedikit. “Nyaris tidak ada yang bercita-cita jadi seorang pendidik,” katanya.



(amm)