Cucu Mbah Moen Ingatkan Pemerintah Penuhi Kesejahteraan Guru

Senin, 25 November 2019 - 12:26 WIB
Cucu Mbah Moen Ingatkan Pemerintah Penuhi Kesejahteraan Guru
Pada Hari Guru Nasional, pemerintah kembali diingatkan untuk memperhatikan kesejahteraan pengajar, utamanya mereka yang masih berstatus honorer. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada Hari Guru Nasional, pemerintah kembali diingatkan untuk memperhatikan kesejahteraan pengajar, utamanya mereka yang masih berstatus honorer. Saat ini jumlahnya sekitar 250.000 orang atau sekitar 50% dari jumlah tenaga honorer K2 di seluruh Indonesia.

Anggota Komisi X DPR, Rojih Ubab Maimoen Zubair menganggap, para guru itu tetap mengabdi dengan loyalitas tinggi, walaupun banyak dari mereka yang tidak digaji dengan layak oleh pemerintah."Sehingga kesejahteraan mereka pun cukup rendah," kata politikus PPP yang akrab disapa Gus Rojih, Senin (25/11/2019).

Menurut Gus Rojih yang juga Cucu Ulama Kharismatik Almarhum, Maimoen Zubair atau Mbah Moen, banyak sekolah yang memberikan honor sebesar 15% dari dana BOS yang diterima untuk para guru honorer di sekolah tersebut. 15% dari dana BOS itu tidak cukup untuk dibagi-bagi kepada guru honorer di sekolah. Bahkan banyak sekolah yang masih berikan honor sebesar Rp150.000 per bulan untuk guru honorer.

"Sebelumnya guru honorer K2 dijanjikan untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun janji itu sampai saat ini belum bisa dinikmati para guru," ungkap dia.

Di sisi lain, kata Gus Rojih, banyak guru sekolah terkendala untuk mengikuti sertifikasi karena harus mendapatkan SK Gubernur. Padahal banyak gubernur yang tidak mau mengeluarkan SK dengan alasan pengangkatan guru dilakukan oleh kepala sekolah, bukan oleh pemerintah daerah.

"Kepada yang terhormat bapak Menteri Nadiem Makarim yang baru menjabat, kami meminta agar memperhatikan berbagai beban yang dimiliki para guru dan memberikan kesejahteraan yang sesuai dengan beban yang ada," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7311 seconds (0.1#10.140)