12 OTG Positif Rapid Test Diisolasi di RS Saptosari Gunungkidul

Rabu, 29 April 2020 - 16:46 WIB
loading...
12 OTG Positif Rapid Test Diisolasi di RS Saptosari Gunungkidul
Tim medis membawa OTG yang dinyatakan positif hasil rapid test ke Rumah Sakit Saptosari Gunungkidul. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
GUNUNGKIDUL - Penolakan warga Desa Baleharjo, Wonosari agar belasan orang tidak dikarantina di Gedung Kesenian direspons Pemkab Gunungkidul. Sebanyak 12 Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan hasil reaktif saat dilakukan rapid test akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Saptosari.

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Pemkab Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, penolakan lokasi karantina terjadi karena kurangnya pemahaman bersama. Selain itu juga karena cepatnya perkembangan situasi sehingga seringkali dibutuhkan langkah cepat.

"Pada awalnya memang sudah kita rencanakan ke RS Saptosari. Namun karena ada laporan, masih ada pekerja yang menyelesaikan kewajiban kerja, maka perlu alternatif sementara. Makanya muncul Gedung Kesenian. Namun kami sudah bisa memahami psikologi masyarakat. Akhirnya kita kembali putuskan ke RS Saptosari," katanya kepada wartawan di Wonosari, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, para OTG ikhlas menerima dan mau dipindahkan ke rumah sakit tersebut. "Mereka memang tidak diminta melakukan isolasi mandiri. Karena memang perkembangan sangat cepat di satu dusun, maka harus ada langkah segera memutus mata rantai penyebaran virus," kata Wakil Bupati Gunungkidul ini.

Immawan berharap masyarakat tidak perlu resah dengan kondisi saat ini. Semua tim medis akan bekerja maksimal guna penanganan COVID-19 di Gunungkidul. "Kami meminta warga wajib memakai masker, tetap di rumah, dan menjaga jarak sosial dan jaga diri," katanya.

Saat ini petugas gabungan TNI dan Polri juga membuat dapur umum di kompleks Lapangan Tembak, Paliyan. Dapur umum ini untuk menyediakan makanan bagi para OTG yang menjalani isolasi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2081 seconds (0.1#10.140)