26.000 Bibit Kopi Arabica Ditanam di Hulu Sungai Serayu

Minggu, 24 November 2019 - 17:15 WIB
26.000 Bibit Kopi Arabica Ditanam di Hulu Sungai Serayu
Sebanyak 26.000 bibit kopi jenis arabica ditanam di wilayah hulu Sungai Serayu untuk mencegah erosi. FOTO/iNewsTV/Elis Novit
A A A
BANJARNEGARA - General Manager PT Indonesia Power Mrica PGU Slamet Suwardi dan Ketua HKTI Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo memberikan bantuan 26.000 bibit kopi jenis arabica. Bibit kopi ini ditanam di wilayah hulu Sungai Serayu untuk mencegah erosi.

"Kami berikan bantuan bibit kopi di sini, karena kami fokus penanaman kopi ini di wilayah hulu sungai Serayu. Tujuannya jelas untuk mengurangi sedimentasi ke waduk Panglima Soedirman," kata Slamet Suwardi, Minggu (24/11/2019).

Penanaman dilakukan Kelompok Tani Bangkit, Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran; Kelompok Tani Margo Mulyo, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur; Kelompok Barapi Desa Ratamba, Kecamatan Pejawaran, dan Kelompok Tani Tegal Arum, Desa Tlogojati, Kabupaten Wonosobo.

Suwardi berharap program penanaman kopi dapat membantu masyarakat untuk menambah luasan lahan kritis yang ditanami tanaman konservasi. “Kami berharap bibit kopi ini tidak hanya berfungsi sebagai tanaman konservasi, juga mampu meningkatkan perekonomian warga masyarakat di wilayah hulu ini,” katanya.

Slamet menjelaskan, secara bertahap akan terus mengawal kelompok tani dalam pemberdayaan tanaman kopi. Dengan tiga pilar tersebut harapannya akan menumbuhkan ekonomi mikro yang lahir dari kegiatan yang dilakukan PT Indonesia Power.

“Kami berharap bantuan kepada petani ini akan terus bergulir dari petani yang sudah sukses kepada petani yang lainnya yang sedang berkembang. Jadi beban dari perusahaan kami juga tidak terlalu berat kedepannya,” tambahnya.

Pihaknya juga akan menindaklanjuti usulan yang bisa mendukung program konservasi di sisi hulu. Sebab, hal tersebut cukup penting untuk keberlanjutan peralatan di waduk, sekaligus untuk mencegah sedimentasi di sisi hulu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8572 seconds (0.1#10.140)