Ratusan Pecinta Jalan Nordik Nikmati Sensasi Jalan Kaki di Malioboro

Minggu, 24 November 2019 - 15:00 WIB
Ratusan Pecinta Jalan Nordik Nikmati Sensasi Jalan Kaki di Malioboro
Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) menikmati jalan kaki di Malioboro Yogyakarta, Minggu (24/11/2019) pagi. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Upaya mengenalkan olahraga jalan dengan tongkat stik Nordik terus dilakukan. Setelah sehari sebelumnya di Borobudur, Magelang, pagi tadi Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) menikmati jalan kaki di Malioboro, Yogyakarta.

Ratusan peserta dari KJNI memulai berjalan dari Tugu Pal Putih yang berada perempatan Jalan Mangkubumi, Yogyakarta dan berakhir di titik nol kilometer. Dengan ceria mereka menyusuri jantung kota Yogyakarta. Bahkan sesekali ada yang menikmati duduk di trotoar Jalan Malioboro.

Pendiri KJNI, Sumaryoto mengatakan, agenda KJNI sebenarnya sudah rutin digelar di Jakarta. Untuk even besar, baru tiga kali digelar termasuk di Borobudur dan Malioboro. "Jadi even besar ketiga kali ini sebelumnya di Bogor, kemudian di car free day Jakarta dan di akhiri di Malioboro Yogyakarta ini," katanya kepada SINDOnews di titik nol kilometer Yogyakarta, Minggu (24/22/2019).

Dijelaskan, melalui even Borobudur and Malioboro Tracks kali ini, pihaknya ingin mengenalkan olahraga ringan tapi lebih maksimal membakar lemak. "Kalau berjalan biasa hanya 50% tubuh bergerak. Itu saja kebanyakan di sektor kaki, tapi dengan tongkat Nordik bisa 90% tubuh bergerak," katanya.

Yang mencengangkan, tumpuan pada lutut lebih ringan, tapi lemak yang terbakar lebih besar 30% dari jalan kaki biasa. "Kebanyakan orang melihat tongkat ini hanya tongkat penumpu biar kuat berjalan saja. Namun stik Nordik ini sebenarnya menggerakkan hampir seluruh tubuh kita," ujarnya.

Sementara, salah satu peserta Borobudur and Malioboro Tracks dari Jakarta, Iswah Handaltis mengaku senang dengan even dari kompleks Candi Borobudur Magelang hingga Malioboro ini. Menurutnya, mengikuti even olahraga ringan dengan stik Nordik di Borobudur dengan kesejukan alam dan dilanjutkan dengan sensasi di jantung Kota Yogyakarta yang legendaris, Malioboro, menjadi sensasi tersendiri.

"Saya sangat senang, sudah tiga kali ikut agenda di KJNI, dan di Yogyakarta sangat mengasyikkan," katanya.

Usai mengikuti agenda tersebut, para peserta menikmati keindahan Jalan malioboro. Banyak dari peserta yang kembali berjalan ke sisi utara untuk berswafoto dan sebagian membeli makanan di pinggir trotoar Malioboro.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0965 seconds (0.1#10.140)