Universitas Amikom Yogyakarta Hadirkan Pakar Robot dari Jepang

Minggu, 24 November 2019 - 11:32 WIB
Universitas Amikom Yogyakarta Hadirkan Pakar Robot dari Jepang
Universitas Amikom Yogyakarta menghadirkan Prof Naoyuki Kubota, pakar robotika dari Tokyo Metopolitan University (TMU). FOTO/DOK. UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
A A A
YOGYAKARTA - Society 5.0 telah dideklarasikan oleh Jepang pada Kamis (21/11/2019) pekan lalu. Era ini menekankan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan, termasuk robot di dalamnya untuk meningkatkan kenyamanan kehidupan manusia.

Tidak mau ketinggalan, pada hari yang sama Universitas AMIKOM Yogyakarta menghadirkan pakar robotika dari Jepang untuk menceritakan tentang Computational Intelligence for Cognitive Robotics. Berbagai konsep tentang kecerdasan buatan telah dijelaskan oleh Prof Naoyuki Kubota, seorang profesor dari Tokyo Metopolitan University (TMU).

Selain itu, beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan dalam bidang robotika juga ditunjukkan dengan gamblang melalui berbagai video dokumentasi hasil penelitian dari profesor yang memiliki Scopus H-Index 23 itu.

Sharing diberikan kepada dosen dan mahasiswa, terutama mahasiswa pascasarjana dan mahasiswa internasional class. Kegiatan juga di-sharing online melalui teleconference untuk dapat diikuti oleh mahasiswa S2 Informatika Program Pendidikan Jarak Jauh yang posisinya tersebar di berbagai daerah di luar Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta, Dr Kusrini, MKom, juga memaparkan berbagai produk hasil penelitian dosen dan mahasiswa AMIKOM tentang kecerdasan buatan. Setelah pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan kerja sama kolaborasi penelitian antara AMIKOM dengan TMU Jepang.

"Kolaborasi penelitian ini diharapkan semakin memperbaiki kualitas penelitian dosen dan mahasiswa AMIKOM sehingga produk hasil penelitiannya juga dapat berdampak, tidak hanya bagi perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga bagi kesehjahteraan masyarakat," katanya.

Universitas Amikom Yogyakarta menggandeng Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik UGM dan Universitas Amikom Purwokerto telah menggelar The 4th ICITISEE-2019 pada 20 November 2019.(Baca Juga: Universitas Amikom Yogyakarta Gelar ICITISEE-2019)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5975 seconds (0.1#10.140)