Warga Gunungkidul Ini Mengaku Berhasil Tangkap Tuyul

Sabtu, 23 November 2019 - 20:22 WIB
Warga Gunungkidul Ini Mengaku Berhasil Tangkap Tuyul
Penampakan sosok yang disebut Yudarwandi sebagai tuyul. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)
A A A
GUNUNGKIDUL - Yudarwandi, warga Dusun Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, viral di media sosial setelah mengaku berhasil menangkap tuyul. Mahkluk yang disebut suka mencuri uang tersebut dimasukkan ke dalam toples.

Pascaviralnya aksinya tersebut, kini rumah sang penangkap tuyul ramai didatangi ratusan warga. Mereka penasaran melihat makhluk halus tersebut. Rumah Yudarwandi di Dusun Temu, Desa Pulutan, pun mendadak ramai. Sejak Sabtu pagi tadi (23/11/2019), warga silih berganti ke rumahnya.

Menurut Yudarwandi, kejadian tersebut berawal ketika dirinya baru mengikuti kegiatan pengajian pada Jumat malam kemarin, sekitar pukul 23.00 WIB. Di tengah perjalanan pulang, dirinya melihat adanya sesosok bocah yang berdiam diri di atap rumah, seerti sedang berpangku tangan.

“Sosok anak kecil ini di atap rumah orang. saya langsung turun dari sepeda motor. Saya ikutin petunjuk dari mbah saya dulu, saya kunci dulu,” kata Yudarwandi.

Entah bagaimana kejadiannya, tiba-tiba sosok tersebut melompat. Kemudian, dia lari ke kawasan kuburan di desa tersebut hingga akhirnya berhasil ditangkap oleh Yudarwandi.

“Saya putar balik motor saya ke arah kuburan, benar di situ ada tuyul sudah kelimpungan. Di situ terjadi proses penarikan kembali. Saya sempat merasa didorong sesuatu dari belakang karena itu di kuburan angker. Saya kejar, akhirnya saya empaskan ke tanah, jadinya seperti ini,” katanya.

Aksi Yudarwandi yang mengaku berhasil menangkap tuyul, langsung viral di media sosial. Pascaviralnya kabar penangkapan makhluk halus tersebut, sudah lebih dari 200 warga yang mendatangi rumah Yudarwandi untuk menyaksikan kejadian tersebut.

Warga yang datang tak hanya dari Desa Pulutan saja, melainkan warga dari desa lain di sekitarnya. “Banyak warga yang ramai, bahkan dari luar Desa Pulutan karena penasaran mau melihat tuyulnya,” ujarnya.

Rencananya tuyul tersebut akan dibuang ke laut agar tidak kembali meresahkan warga. “Saya mau larung ke laut, ke tempat asalnya, mungkin besok siang,” kata Yudarwandi.

Sementara itu, menurut warga, memang di sekitar Desa Pulutan sering terjadi kasus hilangnya uang milik warga. Namun warga tidak dapat memastikan apakah hilangnya uang milik mereka berkaitan dengan tuyul yang ditangkap tersebut ataupun tidak.

Warga hanya berharap tertangkapnya makhluk tersebut bisa membawa dampak positif bagi warga desa.

“Sepengetahuan saya memang warga di sini sering kehilangan uang. Kami warga di sini berharap jangan sampai ada kejadian kayak gini lagi, ada tuyul lagi, karena warga pasti banyak yang mengeluh,” kata Kepala Dusun Temu, Muhani.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4069 seconds (0.1#10.140)