Darurat Sampah, Bupati Wihaji Bersama Forkopimda Bersih-Bersih Sungai

Jum'at, 22 November 2019 - 13:05 WIB
Darurat Sampah, Bupati Wihaji Bersama Forkopimda Bersih-Bersih Sungai
Darurat Sampah, Bupati Wihaji Bersama Forkopimda Bersih-Bersih Sungai.
A A A
BATANG - Sampah menjadi masalah klasik di setiap daerah, tidak terkecuali kota Batang. Sampah menjadi pemandangan tidak sedap disaluran Sungai Sambong, tepatnya di kelurahan Karangasem Utara.

Sampah tersebut berpotensi menjadi biangnya banjir di Kota Batang. Pasalnya tumpukan sampah menutup dan menyumbat aliran sungai pada saat musim penghujan.
"Gunungan sampah ada di beberapa titik saluran air sungai yang menyumbat aliran sungai. Maka sebelum musim penghujan saya bersama komunitas bersih-bersih sampah," kata Bupati Batang Wihaji.

Perlu disaadri oleh masyarakat, masalah sampah tidak bisa dikerjalan oleh pemkab saja, namun harus ada peran keterlibatan masyatakat yang peduli dengan lingkunganya untuk bersama-sama menjaga sungai agar terbebass dari sampah.

"Gerakan ini sebagai inspirasi saja. Ke depan saya perintahkan lurah, camat bersama masyarakat secara maraton membersihkan sampah di saluran sungai dan titik-titik penyumbatan," tegas Wihaji.

Gerakan ini sebagai langkah antisipasi banjir, karena kelurahan Karangasem Utara, Desa Klidang Lor dan Desa Kalipucang menjadi langganan banjir tiap tahun.

"Saya berkeinginan agar sungai di Batang menjadai halaman depan rumah warga. Tidak lagi memakai halaman belakang rumah warga. Karena kalau di depan rumah, akan lebih terawat dan terjaga kebersihanya dari pada di belakang rumah," pinta Wihaji.

Sementara itu koordinator Komunitas Peduli Lingkungan Burdatul Layaliy mengatakan, gerakan bersih sampah sebagai motivasi warga agar berperilaku hidup sehat dan bersih dengan tidak membuang sampah di sungai.

"Sungai menjadi tanggungjawab kita bersama karena kondisi di lapangan sungai menjadi tempat pembuangan sampah. Jadi jangan menyalahkan Pemkab kalau banjir," kata Burdatul Layaliy.

Ia juga mengatakan, kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya sangat kurang. Warga masih semaunya membuang sampah di sungai. "Banyak sampah plastik dan sampah rumah tangga yang dibuang di sungai," tutupnya.

Kegiatan bersih-bersih sampah juga diikuti oleh Wakil Bupati Suyono, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dan sejumlah kepala OPD serta komunitas peduli lingkungan.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7050 seconds (0.1#10.140)