AC Rusak, Pesawat Garuda Tujuan Bangkok Kembali ke Soetta

Senin, 28 Januari 2019 - 19:17 WIB
AC Rusak, Pesawat Garuda Tujuan Bangkok Kembali ke Soetta
Teknisi langsung memeriksa kondisi pesawat Garuda yang mengalami kendala teknis dan kembali lagi ke Bandara Soetta setelah terbang selama 45 menit, Senin (28/1/2019). Foto/SINDOnews/Muhammad Iqbal
A A A
JAKARTA - Pesawat Garuda nomor penerbangan GA 866 tujuan Bangkok terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang lantaran diduga mengalami gangguan teknis. Penumpang di kelas ekonomi row kedua sempat merasa ada bau terbakar di dalam kabin.

Reporter SINDOnews yang menjadi salah satu penumpang pesawat GA866, Muhammad Iqbal mengatakan, pesawat tersebut sudah take off dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.35 WIB, Senin (28/1/2019) siang. Sekitar 45 menit terbang, pilot mengumumkan bahwa pesawat harus kembali lagi ke Bandara Soetta."Memang saat take off penumpang di kelas ekonomi row kedua merasa ada bau terbakar," ujarnya. Namun karena merasa tidak fatal, penumpang tersebut diam saja.

Sekitar 45 kemudian, lanjutnya, pilot pesawat mengumumkan ada kerusakan teknis sehingga pesawat harus kembali lagi Bandara Soetta.
"Katanya AC-nya rusak, tapi anehnya tidak ada yang salah dengan suhu di dalam pesawat. Semua diminta harus pakai sabuk pengaman dan Pilot bilang akan kembali lagi ke bandara soetta," katanya.

Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikhsan Rosan membenarkan kejadian itu dan mengatakan kalau penyebabnya ada korsleting di air conditioner (AC). "AC tidak bekerja secara normal. Sehingga, udara di dalam kabin tidak dingin, dan pesawat terpaksa terbang lebih rendah," kata Ikhsan, kepada SINDOnews, Senin (28/1/2019).

Karena adanya kerusakan itu, akhirnya pilot pesawat memutuskan untuk kembali mendarat di Bandara Soetta, dan maskapai mengganti pesawat GA 866 NG dengan Boeing 737 NG berpenumpang 160 orang. "Penumpang GA 866 berjumlah 99 orang. Kemudian, mereka diberangkatkan dengan menggunakan pesawat lain dengan nomor registrasi PK-GME, pada pukul 12.54 WIB. Saat ini sudah diberangkatkan," terangnya. Lebih jauh, pihaknya meminta maaf kepada para penumpang, karena perjalanannya menjadi terganggu. Hal tersebut, terpaksa dilakukan demi keselamatan penumpang.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3170 seconds (0.1#10.140)