3 Nelayan Indonesia Disandera Abu Sayyaf, Minta Tolong Presiden Jokowi

Kamis, 21 November 2019 - 10:51 WIB
3 Nelayan Indonesia Disandera Abu Sayyaf, Minta Tolong Presiden Jokowi
Nelayan Indonesia disandera kelompok Abu Sayyaf. Foto/Screengrab The Star
A A A
KINABALU - Sebanyak 3 nelayan Indonesia diculik dan disandera Abu Sayyaf, kelompok bersenjata yang terkenal kejam di Filipina. Ketiga warga negara Indonesia (WNI) itu meminta bantuan kepada bos mereka dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar bisa dibebaskan.

Ketiga WNI diculik di Lahad Datu, Sabah, dua bulan lalu. Kelompok penculik menuntut tebusan uang 30 juta Peso atau lebih dari Rp8,3 miliar untuk pembebasan mereka.

Permintaan bantuan disampaikan salah satu korban melalui rekaman video yang dirilis di Facebook pada Sabtu lalu.

Ketiganya diidentifikasi sebagai Maharudin Lunani, 48, putranya Muhammad Farhan, 27, dan rekan mereka; Samiun Maneu, 27. Mereka diculik oleh orang-orang bersenjata dari kapal pukat yang terdaftar di Sandakan di perairan Tambisan.

Dalam video berdurasi 43 detik, Samiun mengidentifikasi dirinya dan dua rekannya sebagai WNI dan telah bekerja di Malaysia.

"Kami ditangkap oleh Kelompok Abu Sayyaf pada 24 September 2019," kata Samiun yang berbicara dalam Bahasa Indonesia di video tersebut.

Mereka memohon kepada dua majikan mereka untuk mengamankan kebebasan mereka. "Kami meminta presiden Indonesia untuk membantu membebaskan kami. ASG (Abu Sayyaf Group) menuntut 30 juta peso sebagai tebusan," katanya, seperti dikutip The Star, Kamis (21/11/2019).

Seorang anggota keluarga dari salah satu korban telah menerima permintaan tebusan serupa sebelum video dirilis.

Pejabat polisi Saba, Datuk Omar Mammah, mengutip keterangan kepolisian Filipina mengatakan bahwa para penculik juga telah membuat permintaan semacam itu beberapa beberapa hari setelah penculikan.

Omar Mamah tidak mengungkapkan jumlah tebusan yang diminta kelompok Abu Sayyaf. Menurutnya, polisi tidak memenuhi permintaan tersebut.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9913 seconds (0.1#10.140)