alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Tenaga Kerja Kendal Gandeng Perusahan Latih Tenaga Kerja

Eddie Prayitno
Dinas Tenaga Kerja Kendal Gandeng Perusahan Latih Tenaga Kerja
Dinas Tenaga Kerja Kendal Gandeng Perusahan Latih Tenaga Kerja. Foto/iNews/Eddie Prayitno

KENDAL - Untuk mendapatkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian dan siap kerja, Dinas Tenaga Kerja Kendal menggandeng sejumlah perusahaan. Calon tenaga kerja yang dilatih ini merupakan seleksi dari balai latihan kerja dan diharapkan mempunyai kemampuan yang baik dan siap terjun ke dunia kerja.

Mencari tenaga kerja yang siap kerja dan mempunyai keahlian serta kompetensi sulit didapatkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Melihat kondisi seperti ini, Disnaker Kendal mencoba menggandeng sejumlah perusahaan untuk memberikan pelatihan agar nantinya tenaga kerja yang dihasilkan sudah mempunyai keterampilan.

Kerjasama pelatihan ini dilakukan bersama PT Terryham Proplas Indonesia kemarin, dan diikuti 32 anak muda yang diseleksi dari balai latihan kerja. Di perusahaan yang memproduksi UPVC ini, 32 calon tenaga kerja ini akan mendapatkan pelatihan, baik produksi maupun marketing.



Direktur PT Terryham Proplas Indonesia, Syamsunar mengatakan, kerjasama dengan dinas tenaga kerja ini sebagai upaya menciptakan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan bisa berkompetensi di perusahaan. Nantinya peserta ini akan menjalani program pelatihan selama satu bulan. Tidak hanya tentang keterampilan produksi, namun juga diberikan pengetahuan marketing.

"Dari dua keterampilan ini, peserta bisa diarahkan untuk menjadi pekerja di perusahaan ataupun menjadi wirausaha yang mempunyai kemampuan dan keahlian memproduksi," ungkap Syamsunar.

Sementara itu kepala Disnaker, Kendal Muhamad Syukron Samsul Hadi menjelaskan, program kerjasama ini sudah dilakukan dengan sejumlah perusahaan besar di Kendal. "Harapannya nanti tenaga kerja yang sudah mendapatkan pelatihan, akan diserahkan kepada manajemen perusahaan apakah akan direkrut atau tidak," terangnya.

Peserta pelatihan ini dibagi dalam dua kelompok dan akan mendapatkan keterampilan produksi UPVC maupun merangkai UPVC menjadi barang jadi seperti kusen maupun perabotan lainnya.



(mif)

loading...