Layanan Publik Baik, Polres Salatiga Terima Penghargaan IKM 2019

Rabu, 20 November 2019 - 15:20 WIB
Layanan Publik Baik, Polres Salatiga Terima Penghargaan IKM 2019
Tim Zona Integritas IAIN Salatiga saat menyerahkan plakat penghargaan kepada Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono di Mapolres Salatiga, Rabu (20/11/2019). FOTO/DOK.POLRES SALATIGA
A A A
SALATIGA - Polres Salatiga meraih penghargaan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2019 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Tim Zona Integritas IAIN Salatiga Diyah Rochati kepada Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, Rabu (20/11/2019).

Penghargaan diberikan setelah tim zona integritas IAIN melakukan survei dan penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Polres Salatiga pada 2–31 September 2019. Adapun nilai yang raih Polres Salatiga atas pelayanan publik yakni 3,48 atau baik.

"Survei yang dilakukan mengacu pada Permen PAN-RB Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik," kata Ketua Tim Zona Integritas IAIN Salatiga Diyah Rochati.

Menurut Diyah, tujuan dari penilaian itu, untuk mengetahui tingkat IKM terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Polres Salatiga. Ada sembilan item yang disurvei secara independen mulai standar persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, kesesuaian hasil pelayanan, kompetensi pelaksana, maklumat pelayanan, pengaduan saran dan masukan.

"Skala skor pada setiap butir pertanyaan kuisioner berkisar antara 0-4. Kemudian hasil survei diolah menggunakan statistik deskriptif. Selanjutnya sampel ditetapkan menggunakan rumus slovin dengan tingkat margin error 5%," ujarnya.

Dia menyatakan, selama proses survei berlangsung diambil sebanyak 240 responden. Dari ratusan responden itu dipilih secara acak menyesuaikan lokasi survei di antaranya sentra SPKT, sentra Tahti, sentra SKCK, sentra Sidik jari, sentra Reskrim, Sentra SIM & BPKB. Kemudian Polsek Sidorejo, Polsek Tingkir, Polsek Sidomukti dan Polsek Argomulyo.

"Hasilnya keluar nilai 3,48 atau masuk kategori baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengaku bangga sekaligus terharu atas penghargaan yang diberikan IAIN Salatiga kepada Polres Salatiga. "Saya tidak mengira ya. Karena ketika ada survei juga tidak tahu. Mungkin ya anggota mengira tugas mahasiswa. Tapi ini dari lembaga kampus," ujarnya.

Kapolres berjanji terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Apabila terdapat kekurangan atau beberapa hal yang kurang baik saran serta masukan diharap warga tidak segan menyampaikan. "Kami akan terus melakukan sejumlah perbaikan pelayanan selama menjabat. Ini karena masih banyak kekurangan dan akan terus berusaha meningkatkannya," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9362 seconds (0.1#10.140)