Voca Erudita Berjaya di Karangturi International Choir Competition

Selasa, 19 November 2019 - 20:06 WIB
Voca Erudita Berjaya di Karangturi  International Choir Competition
Anggota PSM Voca Erudita UNS yag ikut dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional 5th Karangturi International Choir Competition 2019. Foto: Istimewa
A A A
SOLO - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sukses memborong prestasi dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional 5th Karangturi International Choir Competition 2019.

Prestasi yang ditorehkan adalah Gold Champion of Musica Sacra Category, Gold Champion in Equal Category for Voca Erudita Female Choir, Gold Medal in Equal Category for Male of Voca Erudita, serta Outstanding Conductor yang diraih oleh Agata Martha Wardani dari Voca Erudita Female Choir.

Kompetisi diselenggarakan di Semarang pada 13 hingga 16 November 2019. Voca Erudita mengikuti 2 kategori sekaligus, yaitu kategori Musica Sacra dan Equal Voices. “Khusus untuk kategori Equal Voices, Voca Erudita UNS mengirimkan dua tim, yaitu Female Choir yang merupakan kelompok suara wanita yang terdiri dari sopran dan alto serta formasi Male Choir yang merupakan kelompok suara pria yang terdiri atas tenor dan bass,” kata Ketua PSM Voca Erudita UNS, Muhammad Hazim Fauzi, Selasa (19/11/2019).

Mengenai komposisi tim dan lagu yang dibawakan dalam ajang 5th Karangturi International Choir Competition 2019, ia menyebut Voca Erudita UNS memboyong 60 penyanyi dan tiga konduktor serta menyanyikan sejumlah lagu, seperti Beati Mortui dan Son tus Ojos. Ketiganya adalah Ardian Dika Adhyatma, Agata Martha Wardani dan Yosua Wiba Aguntar yang maju membawakan lagu-lagu pada kategori Musica Sacra dengan judul Die Himmel erzahlen die Ehre Gottes, O Sapientia dan Gloria Patri.

Dalam kategori Equal Voices, Voca Erudita Female Choir menyanyikan lagu Sacrum, Aglepta dan Salve Regina Sedangkan Male of Voca Erudita menyanyikan lagu Beati Mortui, Kalejs Kala Debesis dan Son tus Ojos. Perjalanan Voca Erudita dalam 5th Karangturi International Choir Competition 2019 terbilang sangat berat. sebab Voca Erudita harus bersaing dengan sejumlah kompetitor berat.

Seperti Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Telkom University Choir. Kurang lebih dalam tiga bulan proses berlatih, usaha dari Voca Erudita tak sia-sia. Perjuangan dari tiga tim formasi dalam dua kategori dinyatakan lolos ke babak Grand Prix untuk Voca Erudita dan Voca Erudita Female Choir, berkompetisi lagi dengan 6 paduan suara lainnya yang terpilih. Yakni Angelus Voice, Paduan Suara Mahasiswa UGM, Gratia Choir, St. Louis High School Choir, Telkom University Choir dan St. Louis Female Choir.

Dengan prestasi yang ditorehkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan sejumlah pihak yang telah menyokong usaha dan perjuangan Voca Erudita dalam setiap kompetisi. Ia juga berharap agar prestasi yang berhasil diraih menjadi motivasi bagi Voca Erudita kedepannya untuk senantiasa berkarya. “Semoga pencapaian ini tidak menjadi yang terakhir melainkan menjadi motivasi kami agar tetap berkarya dan lebih berprestasi,” imbuhnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2880 seconds (0.1#10.140)