Terapkan IT di Pendidikan, Wali Kota Semarang Raih Anugerah Ki Hajar 2019

Senin, 18 November 2019 - 13:05 WIB
Terapkan IT di Pendidikan, Wali Kota Semarang Raih Anugerah Ki Hajar 2019
Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi menyerahkan penghargaan Ki Hajar 2019 bidang pendidikan kepada Wali kota Semarang yang diwakili oleh Sekda Kota Semarang Izwar Aminuddin. Foto/HUMAS PEMKOT SEMARANG
A A A
SEMARANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan anugerah Ki Hajar 2019 kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Kepala daerah yang akrab disapa Hendi ini mendapat anugerah tersebut lantaran memiliki prestasi dalam pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan di wilayahnya.

Penghargaan tersebut diberikan Kemendikbud melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Plakat anugerah Kihajar 2019 sendiri diserahkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi didampingi Kepala Kapustekkom, Gogot Suharwoto, kepada Wali Kota Semarang yang diwakili Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (18/11/2019), Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, menyampaikan apresiasi atas perhatian luar biasa para kepala daerah peraih Anugerah Ki Hajar 2019 terhadap dunia pendidikan di wilayahnya masing-masing.

"Semoga dapat menjadi motivasi dan contoh bagi daerah lain, terutama terkait pemanfaatan IT dalam dunia pendidikan. Hal ini tak bisa ditawar-tawar lagi karena generasi muda kita sudah sangat melek teknologi. Sangat rugi jika tak mampu menyiapkan sarana dan prasarana IT dengan baik," katanya.

Di sisi lain, Kepala Pustekkom Gogot Suharwoto mengatakan, aspek yang dinilai pada penganugerahan ini, antara lain kebijakan kepala daerah, tata kelola, implementasi TIK, manajemen dan komitmen untuk peningkatan SDM. "Kemudian dampak pada guru, siswa dan prestasi sekolah, serta inovasi-inovasi yang dilakukan di daerahnya," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengamini pentingnya penerapan informasi tekhnologi dalam pengembangan dunia pendidikan. Untuk itulah dirinya menetapkan salah satu fokus Pemerintah Kota Semarang adalah perbaikan sistem pendidikan dengan melakukan pemutakhiran tekhnologi.

Itu dimulai dengan menerapkan sistem online dalam penerimaan peserta didik sekolah, Kota Semarang juga telah berhasil mendorong transparansi pengelolaan anggaran sekolah dengan menerapkan APBS online, melalui portal APBS.SemarangKota.Go.Id.

"Fokus Kota Semarang dalam penerapan IT di dunia pendidikan tidak sekedar mengikuti tren, tetapi harus ada sebuah tujuan perbaikan sistem secara konkret. Maka dari itu penerapan IT didasarkan pada pemetaan permasalahan yang ada," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3577 seconds (0.1#10.140)