alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Penari Antusias Ikuti Indonesia Menari 2019 di Semarang

Ahmad Antoni
Ratusan Penari Antusias Ikuti Indonesia Menari 2019 di Semarang
Ratusan peserta dari beragam usia meramaikan kompetisi Indonesia Menari 2019 di Taman Indonesia Kaya, Semarang, Minggu (17/11/2019) sore. FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Sekitar 500 penari dari berbagai daerah tampak antusias mengikuti kompetisi Indonesia Menari 2019 di Taman Indonesia Kaya, Semarang, Minggu (17/11/2019) sore. Mereka tampil dengan balutan busana etnik modern beradu kreatif dan energik dalam ajang yang diselenggarakan www.indonesiakaya.com ini.

Dari penampilan ratusan penari tersebut, disaring menjadi 10 finalis untuk selanjutnya dipilih lima pemenang yang masing-masing berhak mendapatkan hadiah senilai Rp5 Juta

Ke lima penari yang terpilih yakni Galuh Puspitasari Priardhaniputri, Gita Bayu Andini, Arvinta Rahma Putri, Pramesti Dewi, dan Dahlia Angel. Dahlia Angel mengaku persiapan yang telah dilakukannya yakni latihan setiap hari pada waktu malam hari. Mengingat kesehariannya sibuk kuliah di Undip.“Aku latihan tiap malam senin sampai kamis habis pulang kuliah. Latihan full tiga hari aja jumat sampai minggu,” ungkap Dahlia.



Dia mengaku memang menyukai dunia tari dan memiliki kelompok dance yang sering perform dibeberapa kesempatan mengisi pentas seni (Pensi) di sekolah-sekolah.

“Dengan adanya Indonesia Menari ini tentu dapat mengenalkan ke masyarakat bahwa tari tradisional bisa di gabungin dengan tari modern ditambah aransemen yang modern” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari www.indonesiakaya.com sekaligus juri Indonesia Menari 2019 Rieka Nur Azizah mengatakan, Indonesia Menari ini diharapkan dapat memperkenalkan kembali gerakan tari Indonesia melalui medium populer seperti tari massal. Sehingga dapat mendekatkan kembali masyarakat dengan budaya Indonesia dengan pengemasan yang lebih menarik, modern, dan kekinian.

Kegiatan tahunan ini dimeriahkan sekitar 7.000 peserta di 7 kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Solo Medan, Makassar dan Palembang. Dari 7.000 peserta yang ditargetkan, ternyata yang mendaftar mencapai 14.732 orang untuk kategori kelompok dan individu di 7 kota penyelenggaraan Indonesia Menari 2019.

“Tak ada rentang umur bagi peserta, selama masih bisa mengikuti koreografi Indonesia Menari 2019 dengan sempurna. Namun, bagi peserta anak-anak wajib ditemani oleh pendamping. Seluruh peserta juga diwajibkan menggunakan tema etnik modern yang memberikan kebebasan bagi para peserta untuk menggunakan kreatifitas masing-masing selama tidak akan mengganggu peserta lainnya,” terang Rieka.

Sementara, Indonesia Menari 2019 di Taman Indonesia Kaya dimeriahkan dengan penampilan dan hiburan oleh Galabby.

Galabby menyampaikan bahwa saat ini mungkin masih banyak generasi muda sekarang yang berpikir kalau menarikan tari Indonesia itu sulit ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

“Padahal dari peserta yang ikut Indonesia Menari ini juga beragam usia dan mereka semuanya menari dengan gembira dan menunjukkan bahwa menari itu mudah,” ujar Galabby.

“Acara seperti ini keren banget karena tidak hanya senang-senang, tapi ada edukasinya juga dan visi untuk menyebarkan cinta budaya, cinta Indonesia ke masyarakat,” ucapnya.



(nun)

loading...