Di Australia Bagian Timur dan Barat, Kebakaran Semakin Hebat

Minggu, 17 November 2019 - 06:00 WIB
Di Australia Bagian Timur dan Barat, Kebakaran Semakin Hebat
Pesawat pengebom air memadamkan kebakaran Gospers Mountain, dekat Colo Heights, barat laut Sydney, Australia, 15 November. Foto/REUTERS
A A A
MELBOURNE - Di wilayah timur dan barat Australia, puluhan titik api meluas pada Sabtu (16/11) waktu lokal. Pemadam kebakaran kewalahan menghadapi cuaca yang lebih panas dan angin yang semakin kencang dalam beberapa hari mendatang.

Suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celsius di beberapa wilayah Australia Barat pada Minggu (17/11) sebelum meluas ke wilayah timur pekan depan dan memperburuk kondisi di New South Wales (NSW) dan Queensland. Dua negara bagian itu telah dilanda kebakaran lahan dalam skala luas.

Kebakaran sering terjadi di Australia namun tahun ini terjadi lebih cepat dari biasanya. Sejumlah orang telah tewas dan lebih dari 300 rumah hangus terbakar selama pekan lalu.

"Kondisi bahaya kebakaran parah diperkirakan berlanjut di NSW pada Minggu (17/11), tempat 60 titik api masih menyala," ungkap pernyataan Badan Pemadam Kebakaran Desa NSW.

Petugas pemadam berupaya memperkuat garis penahan saat kebakaran kembali terjadi di sekitar Gospers Mountain. Lebih banyak rumah diperkirakan hangus terbakar.

"Bahkan jika kita mengerahkan tambahan 1.000 pemadam kebakaran, kami masih tidak memiliki cukup truk dan pemadam untuk setiap satu rumah di NSW," papar Inspektur Badan Pemadam Kebakaran Desa NSW Ben Shepherd pada Sky News.

Sebagian besar taman nasional di NSW masih ditutup hingga informasi lebih lanjut karena bahaya kebakaran masih sangat tinggi.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.5996 seconds (0.1#10.140)