500 Pelari Ikuti Friendship Run, Meriahkan Borobudur Marathon 2019

Sabtu, 16 November 2019 - 18:15 WIB
500 Pelari Ikuti Friendship Run, Meriahkan Borobudur Marathon 2019
Sebanyak 500 pelari mengikuti Friendship Run untuk memeriahkan Borobudur Marathon 2019 di Kabupaten Magelang, Sabtu (16/11/2019). FOTO/SINDOnews/BAKTI M MUNIR
A A A
MAGELANG - Sehari sebelum pelaksanaan Borobudur Marathon 2019, kegiatan lari bertajuk Friendship Run digelar di Kawasan Budaya Candi Pawon, Magelang, Sabtu (16/11/2019). Sebanyak 500 pelari mengambil bagian race dengan jarak tempuh sekitar 3,1 kilometer.

Friendship Run ini dimeriahkan oleh peserta Borobudur Marathon, masyarakat lokal, tamu undangan VIP dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pihak sponsor, dan wisatawan mancanegara. Mereka berbaur menyemarakkan salah satu rangkaian acara Borobudur Marathon 2019.

Acara fun run mengambil rute dengan mengitari jalan-jalan perkampungan sekitar Candi Pawon, Magelang. (Baca Juga: 350 Pelari Internasional dari 35 Negara Ramaikan Borobudur Marathon 2019)

Sebelum bendera start dikibarkan, tarian tradisional Lima Gunung ditampilkan kepada peserta dan pengunjung. Penari Lima Gunung juga tampil antusias menyambut peserta saat di garis finis.

Ajang lari santai ini diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada wisatawan maupun warga lokal untuk menikmati panorama alam dan budaya sekitar Candi Pawon serta kenikmatan kuliner khas Magelang. Di lokasi lari tersedia berbagai macam kuliner lokal yang bisa dinikmati.

Arya, salah satu peserta Friendship Run mengaku senang dengan adanya acara ini. Dia tertarik untuk mencoba berbagai jenis kuliner Magelang. “Ini pengalaman pertama kali baru saya ikut Borobudur Marathon,” ujar Arya yang berasal dari Pangkalan Bun ini.

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hana Wijaya mengatakan, Bank Jateng mendukung kegiatan Pasar Harmoni pada Friendship Run sebagai rangkaian Borobudur Marathon. "Kegiatan ini mampu mengangkat peran UKM sekaligus menyosialisasikan transaksi nontunai kepada warga," ujarnya di lokasi acara.

Transaksi di lokasi kuliner ini memang dilakukan dengan nontunai. Menurutnya, Bank Jateng sebagai bank pembangunan juga berharap hadirnya event sekelas Borobudur Marathon bisa mendorong homestay atau penginapan di area sekitar Borobudur menerapkan standar yang lebih baik kepada peserta dan wisatawan yang hadir.

Borobudur Marathon 2019 akan diikuti 11.000 pelari, baik lokal maupun mancanegara. Ajang tahunan ini memperlombakan nomor Marathon (42 km), Half Marathon (21 km), 10 km dan 5 km.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6096 seconds (0.1#10.140)