alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UAD Wisuda 1.943 Sarjana Baru, 46% di Antaranya Lulus Cumlaude

Priyo Setyawan
UAD Wisuda 1.943 Sarjana Baru, 46% di Antaranya Lulus Cumlaude
Rektor UAD Yogyakarta Muchlas mewisuda sarjana baru di JEC, Sabtu (16/11/2019). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mewisuda 1.943 sarjana baru di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (16/11/2019). Wisudawan terdiri dari 1.810 lulusan program strata 1 (SI) dan 133 lulusan program magister (S2). Dari jumlah itu, 896 wisudawan (853 S1 dan 43 S2) atau 46% lulus dengan predikat cumlaude.

Rektor UAD Yogyakarta mengatakan di era Revolusi Industri 4.0, dengan digitalisasi dan otomasi yang ditandai dengan disrupsi, di satu sisi memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan. Namun di sisi lain juga mengambil alih peran atau menggeser berbagai lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Karena itu para lulusan perguruan tinggi harus memiliki kecerdasan sosial dan melek konstelasi unicorn di yaitu dengan mengembangan penguasan teknologi (digital).

"Untuk itulah UAD bukan hanya fokus pada ilmu akademik tapi juga kompetensi plus atau skill melalui kegiatan formal dan nonformal, sebagai bekal dalam menghadapi dan bersaing di era Revolusi Industri 4.0," kata Muchlas dalam sambutannya.



Muchas menjelaskan, kompetensi plus ini penting, terutama yang berhubungan dengan dunia digital, big data, dan literasi kemanusian. Sebab kompetensi atau skill (employability skills) itulah yang sekarang dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri yang berbasis teknologi.

"Karena itu kompetensi literasi digital, big data, dan kemanusian menjadi tiga fundamental sebagai bekal dalam menghadapi persaiangan di era Revolusi Industri 4.0," katanya.

Selain tiga kompetensi itu, lulusan UAD juga harus terus mengembangkan jaringan seluas-luasnya. Ini bertujuan untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan mengetahui perkembangan di dunia usaha dan industri.

Humas UAD Yogyakarta, Ariadi Nugraha menambahkan, dengan bertambahnya 1.943 sarjana baru tersebut, maka hingga saat ini UAD telah meluluskan 49.482 lulusan. Terdiri dari 48.650 jenjang S1 dan 1.832 lulusan program pascasarjana (S2).



(amm)

loading...