PKB dan PKS Beri Sinyal Dukung Gibran di Pilwalkot Solo

Sabtu, 16 November 2019 - 11:20 WIB
PKB dan PKS Beri Sinyal Dukung Gibran di Pilwalkot Solo
PKB dan PKS memberikan sinyal akan mendukung Gibran Rakabuming Raka pada Pilwalkot Solo 2020. FOTO/Antara/Aprillio Akbar
A A A
JAKARTA - Rencana putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo pada 2020 mendatang mendapat banyak dukungan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara terbuka mendukung niat tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid meyakini hampir semua partai akan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut maju sebagai calon wali kota (cawalkot) Solo.

"Semua ya pasti mendukung, masa enggak mendukung sih?" ujar Jazilul di sela kegiatan Press Gathering Pimpinan MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Badung, Bali, Jumat (15/11/2019) malam.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, saat ini banyak anak muda yang alergi dengan politik. Oleh karena itu ketika Gibran yang dari kalangan milenial menyatakan niat terjun ke politik, tidak ada alasan untuk tidak mendukungnya. "Anak-anak muda milenial ini banyak yang alergi di politik, biar dikasih contoh sama Mas Gibran," ujarnya.

Sesuai aturan, kata dia, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dibutuhkan dukungan minimal 20% parpol di daerah.

"Kalau ada 20% parpol yang mengusung maka Mas Gibran bisa jadi calon wali kota. Melihat dari komposisi yang ada, saya pikir mampulah Mas Gibran untuk meyakinkan 20% parpol-parpol yang ada di Solo. Mampulah masak gak mampu sih," katanya.

Meski menyatakan bakal memberikan dukungan, tapi secara formal belum ada pembicaraan antara pihak Gibran dan PKB. "Kalau secara formal belum, tapi PKB baru melihat dari jauh keseriusan Mas Gibran. Itu belum kita nilai serius karena belum pernah datang ke PKB. Tapi PKB mengapresiasi karena Mas Gibran ini masih sosok yang muda, ingin berkarya," katanya.

Tak hanya PKB, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga membuka peluang untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka Pilwalkot Solo 2020. Sinyalemen itu berawal dari pernyataan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto yang melirik Gibran untuk diusung pada Pilkada 2020. PKS berencana menduetkan Gibran dengan kadernya, Abdul Ghofar. PKS Solo juga akan membangun komunikasi dan melakukan penjajakan dengan Gibran.

Menanggapi itu, Sekretaris Jenderal DPP PKS Mustafa Kamal akan menerima masukan dari daerah siapa-siapa saja calon yang akan diusung pada Pilkada 2020 mendatang.

"Semuanya kita akan gali dari daerah karena kader-kader PKS mempunyai aspirasi mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kita akan putuskan. Kita akan lihat dari Solo misalnya ada beberapa nama atau dari Boyolali, dari tempat-tempat yang lain ada nama-nama yang lain ya kita akan pertimbangkan di pusat," tutur Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Mustafa menilai anak bangsa memiliki hak untuk maju sebagai kepala daerah di manapun asalkan memiliki kapasitas, termasuk Gibran. "Setiap anak bangsa yang mempunya kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini kita akan dorongan sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," tuturnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1641 seconds (0.1#10.140)